Sign In

Remember Me

Apa Sih Pengertian dan Fungsi “Root” pada Sistem Operasi Android? Lalu Apa Saja Keuntungan dan Kerugiannya?

Apa Sih Pengertian dan Fungsi “Root” pada Sistem Operasi Android? Lalu Apa Saja Keuntungan dan Kerugiannya?

Pada saat ini, para pengguna android sudah mewabah dari mulai anak sekolah hingga para pekerja kantoran umumnya sudah menggunakan android. Mengapa mereka lebih memilih android, ketimbang produk-produk lainnya?

Proses Sebelum Rooting

Masih banyak produk lainnya yang lebih unggul dari pada android, akan tetapi akses untuk sebuah aplikasi dalam sistem android selalu diperbarui dan mendukung untuk penginstallan aplikasi atau bisa dengan meng-costum ROM sendiri dengan persyaratan harus di “root” terlebih dahulu.

Pengertian Root pada Sistem Operasi Android

Apa sih yang dimaksud dengan root? Lalu apa fungsinya? Kita akan membahas mulai dari pengertian root itu sendiri. Root merupakan sistem akun yang mempunyai kekuasaan absolut untuk mengakses dalam mengeksekusi file, command, system, pada sistem berbasis linux.

Pengertian Root

Root ini tidak memiliki akses batas yang bisa menghapus, menambah, mengubah, bahkan merusak semua sistem yang terdapat pada handphone kita. Nge-root artinya adalah ngehack suatu sistem pada handphone kita, supaya pemilik atau si pengguna handphone memiliki akses ke akun root tersebut. Jadi kitalah yang mempunyai kekuasaan setelah kita melakukan root pada handphone kita.

Fungsi Root pada Sistem Operasi Android

Untuk fungsi root sendiri yaitu memberikan hak sepenuhnya kepada para pengguna handphone android, untuk bisa masuk ke sistem android itu sendiri. Dengan adanya root pengguna handphone android dapat mengurangi, menambah, serta memodifikasi file dan data yang terdapat pada sistem android, yang mana jika belum di root kita tidak dapat mengakses file-file tersebut.

Fungsi Root

Apabila dianalogikan pada sistem operasi Windows, fungsi root adalah memberi hak administrator kepada para penggunanya. Banyak yang berpendapat bahwa gadget android yang belum di root itu ketinggalan jaman, itu semua kembali kepada kebutuhan dan kepribadian masing-masing.

Keuntungan Root pada Sistem Operasi Android

Keuntungan lain yang dapat diperoleh dari root adalah themes yang dapat diubah sesuai dengan selera. Jika Anda mudah bosan dengan tampilan display smartphone android Anda, root adalah salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut.

Keuntungan Root

Mengganti variasi themes yang baru merupakan hal yang seru, walaupun themes tersebut sudah terakomodasi dengan baik pada aplikasi market yang biasa. Hal yang harus Anda ketahui bahwa root pada android masih punya keunggulan dan kemampuan untuk menginstal dari aplikasi non market ataupun market. Canggih bukan?

Kerugian Root pada Sistem Operasi Android

Banyak orang yang berpendapat, bahwa akses root itu dapat merusak sistem. Kenyataannya tidak seperti yang mereka pikirkan. Memang, apabila kita gagal root, harus mengulang proses tersebut dan memakan waktu yang sangat lama. Akan tetapi, kesabaran Anda akan di uji disini dan kemudian Anda dapat merasakan hasil dari kesabaran yang telah Anda lakukan, dengan menikmati berbagai macam fitur baru dan aplikasi gratis setelah proses root itu berhasil.

Kerugian Root

Sayangnya, Anda harus rela dan korbankan garansi resmi apabila ingin melakukan akses root tersebut. Jika, tidak ingin garansi hilang, lebih baik melakukan proses root setelah masa garansi habis ataupun berakhir.

Kegunaan Handphone Android di Root

Kegunaan Root pada HP Android

  • Akses tidak terbatas pada sistem Android
  • Dapat instal aplikasi di SD Card, dan install aplikasi yang membutuhkan akses root pastinya.
  • Mampu men-uninstal aplikasi-aplikasi bawaan vendor
  • Instalasi Custom ROM
  • Mampu mem-backup/me-restore app+system
  • Akses pada file Android secara bebas dan penuh
  • Para pengguna android dibawa 4.0 dapat menggunakan bbm dengan cara mengganti Costum ROM dengan akses root pada androidnya.
  • Yang terakhir, Overlock processor secara keseluruhan yang dapat menambah performance

Sebagai pengguna Android mestinya kita tidak usah ragu dengan simpelnya OS Android. Wajar saja si robot hijau itu terlihat tersenyum melulu, seakan menyindir saingannya dari OS lain. Memang akses root memutuskan garansi smartphone Anda, tetapi banyak manfaat yang bisa kita ambil dan nikmati jika melakukan proses root tersebut.

Akses Tanpa Root

Jadi, bagaimana keputusan Anda setelah mengetahui pengertian, fungsi, keuntungan dan kerugian dari akses root? Apakah Anda penasaran ingin coba melakukannya? Lakukan saja, selama itu membuat Anda merasa nyaman dan menghilangkan rasa penasaran Anda.


By

Leave a Reply