Setelah KitKat, tentunya banyak yang menanti-nantikan versi terkini dari Android. Kendati banyak yang menduga bahwa nama setelah KitKat adalah Lollypop, namun pihak Google sendiri belum mengungkapkan nama kode versi sistem operasi tersebut.

Minggu ini Google memang telah memperkenalkan Android versi terbarunya. Mungkin beberapa orang telah mengetahuinya walau bukan pengguna Android. Google menyebut platfrom ini sebagai Android L. Tentunya kita semua menanti-nantikan kapan sih versi Android ini diluncurkan.

Masih ingat sebelum Android KitKat diluncurkan, nama yang akan diusung tadinya adalah Key Lime Pie. Para penggemar Android biasanya memang menerka-nerka apa nama versi Android berikutnya. Nah, terlepas dari nama apa yang akan diusung nanti untuk Android L, versi ini begitu mengesankan karena membawa sejumlah kebaruan yang sangat mengejutkan.

Material Design

Mari mulai dengan antar muka pengguna atau user interface yang dirancang ulang sehingga menghasilkan yang disebut oleh Google sebagai Material Design. Tampilan Android L sangat berbeda dengan Android KitKat. Ini adalah hal yang bagus (tentu saja tampilan KitKat juga bagus). Google bahkan merancang ulang tombol layar khas Android. Pada Android L, bentuk dari tombol ini geometri dasar yang rata.

Android L

Fungsionalitas dari Android pun ditingkatkan pada versi Android L ini. Salah satu perubahan pertama yang dapat diperhatikan adalah panel notifikasi yang dirombak. Pengusapan layar ke bawah akan menampilkan seluruh notifikasi yang tertunda, namun tidak dalam urutan kronologi sebagaimana yang terdapat pada versi Android sebelumnya.

Pada Android L, notifikasi paling penting akan dibawa ke posisi paling atas, sementara yang kurang penting diturunkan ke bawah. Contohnya adalah notifikasi email yang memiliki prioritas lebih tinggi daripada  pemberitahuan bahwa aplikasi baru telah diinstal.

Project Volta

Perubahan lain pada Android L termasuk serangkaian peralatan baru dan API yang digabungkan dengan nama Project Volta. Menurut Google, Project Volta memungkinakna aplikasi-aplikasi dan keseluruhan sistem untuk berjalan lebih efisien dengan maksud untuk menghemat daya pada baterai. Google juga menambahkan dukungan 64-bit sebagaimana dukungan untuk OpenGL ES 3.1.

Tampaknya fitur-fitur tersebut kemungkinan adalah update Android paling penting dan paling besar dari Google sejak peluncuran pertama platform Android ini pada tahun 2008.

Preview untuk developer Android L telah tersedia bagi pemilik Nexus 5 dan Nexus 7. Google tidak mengatakan kapan peluncuran yang layak dari versi baru sistem operasi tersebut. Kemungkinan bisa dilakukan sekitar musim gugur. Yuk, kita nantikan bersama kehadirannya.

Ditulis oleh: https://www.facebook.com/quratengil