Jejaring Sosial Pertama Google Akan Ditutup

Ternyata sebelum Google+, sang raksasa Google memiliki beberapa jejaring sosial. Google Buzz sempat populer sebelum kemunculan Google+, namun ternyata jejaring sosial pertama garapan Google adalah Orkut. Jejaring sosial ini berasal dari Amerika Serikat, namun besar di Brasil. Saat ini Brasil sedang menjadi sorotan internasional berkat Piala Dunia 2014, ini adalah kabar baik. Sayangnya mereka juga menerima kabar buruk, bahwa Orkut akan dihentikan dari daftar jejaring sosial.

Kebijakan Google

Google memberikan kesempatan para pengguna untuk mengekspor data hingga 30 September 2014, hal ini juga pernah dilakukan oleh Friendster ketika akan mengubah layanan mereka dari jejaring sosial menjadi situs game. Saat ini, Google telah menghentikan pendaftaran pengguna baru.

Fakta Orkut

Sepuluh tahun lalu, Orkut adalah serangan mendadak Google ke dalam jejaring sosial. Orkut dibangun sebagai suatu proyek “20%”. Komunitas Orkut memulai percakapan, hubungan tiruan yang tak pernah ada sebelumnya. Orkut membantu membentuk kehidupan online sebelum orang-orang benar-benar mengetahui apa itu “jejaring sosial”.

Selama sepuluh tahun terakhir, YouTube, Blogger dan Google+ tinggal landas, dengan komunitas yang bermunculan di setiap sudut dunia. Karena pertumbuhan komunitas telah melampaui pertumbuhan Orkut. Maka Google pun memutuskan untuk menawarkan perpisahan Orkut. Mereka akan lebih memfokuskan energi dan sumber daya mereka untuk membuat platform sosial lain yang seluarbiasa mungkin untuk setiap orang yang menggunakannya.

Penututap Orkut

Google akan menutup Orkut pada 30 September 2014. Hingga saat itu, tak ada dampak pada pengguna Orkut saat ini, demi memberikan waktu pada komunitas untuk mengelola transisi. Masyarakat dapat mengekspor data profil mereka, tulisan kiriman dari komunitas dan foto menggunakan Google Takeout (tersedia hingga September 2016). Mulai 30 Juni 2014, sudah tidak bisa lagi membuat akun Orkut baru.

Layanan Orkut mungkin akan pergi, namun seluruh komunitas pengguna Orkut luar biasa yang telah dibuat akan tetap hidup. Google akan menyediakan arsip dari seluruh komunitas umum yang akan tersedia online mulai 30 September 2014. Jika tak ingin nama dan postingan Anda dimasukkan dalam arsip komunitas, Anda dapat menghapus Orkut secara permanen dari akun Google.

Google sangat menyesal pada para pengguna yang masih aktif menggunakan layanan. Semoga orang akan menemukan komunitas online untuk membangkitkan lebih banyak percakapan dan membangun hubungan lebih banyak untuk sepuluh tahun ke depan dan seterusnya.

Ditulis oleh: https://www.facebook.com/quratengil

Leave a Comment