Microsoft menurunkan suatu artikel pada situs pendukung untuk Windows Phone yang mengisyaratkan suatu folder untuk aplikasi yang telah diunduh dan diinstal. Sebenarnya fitur ini telah tersedia bagi pengguna Android dan iOS sejak lama.  Namun ponsel cerdas yang menggunakan sistem operasi besutan Microsoft tersebut tak mampu mengelola aplikasi yang telah diunduh dari Windows Phone Store.

Mekanisme Pengaturan Folder

Berdasarkan artikel yang kini telah dihapus di situs Microsoft tersebut, fitur ini akan bekerja mirip dengan folder aplikasi yang digunakan pada iOS dan beberapa versi Android. Ikon aplikasi ditahan dan ditarik ke atas ikon aplikasi lainnya dan ditumpuk dalam suatu forlder yang dapat diganti namanya. Folder tersebut akan tersedia pada tampilan Start, n amun demi memperoleh fitur ini, pengguna harus memakai Windows Phone 8.1 yang dijalankan oleh ponselnya.

Ungkapan pada instruksi menampilkan peringatan sebagai berikut “you need to have Windows Phone 8.1 Update installed on your phone” yang artinya Anda perlu memiliki update Windows Phone 8.1 yang diinstal pada ponsel Anda. Jadi sepertinya fitur ini akan menjadi suatu update untuk Windows Phone 8.1, bukan menjadi fitur yang hadir dengan update Windows Phone 8.1.

Kabar baiknya, sebelum artikel pada situs tersebut dihapus oleh Microsoft, cara-cara membuat folder aplikasi tersebut telah berhasil disimpan lebih dahulu. Dengan demikian, segera setelah Windows Phone 8.1 diluncurkan (yang bisa jadi segera setelah bulan ini, Anda akan segera tahu cara meletakkakn aplikasi Anda ke dalam folder.

Membuat dan Menamai suatu Folder

  1. Pada menu Start yang diakses dari tombol logo Windows Phone, pilih suatu ikon, tekan dan tahan ikon tersebut
  2. Tarik ikon ke atas ikon lain yang ingin diletakkan dalam satu folder. Nah kini Anda sudah memiliki satu folder
  3. Untuk menamai folder, tekan nama folder, lalu ketik nama apa pun yang diinginkan
  4. Untuk menambahkan ikon lain pada folder tersebut, tekan dan tahan suatu ikon, lalu tarik ke dalam folder

Membuka Aplikasi dalam Folder

  1. Untuk membuka aplikasi yang sudah disatukan dalam folder, tekan folder untuk membukanya, kemudian tekan ikon aplikasi yang akan dibuka
  2. Untuk menutup folder, tekan di mana pun di luar folder

Menghapus Ikon dari Daam Folder

  1. Tekan folder untuk membukanya
  2. Tekan dan tahan ikon yang akan dihapus dari folder

Demikianlah informasi mengenai fitur baru Windows Phone 8.1 dan cara menggunakannya.

Ditulis oleh: https://www.facebook.com/quratengil