THE IDES OF MARCH mengisahkan perjalanan karir Steven  Meyers ( Ryan Gosling) menjadi anggota tim sukses bakal capres Partai Demokrat, Mike Morris (George Clooney). Mike Morris adalah Gubernur Pensylvania yg sedang bersaing dengan senator Arkansas, Ted Pullman, untuk menjadi kandidat capres melalui jalur konvensi Partai Demokrat.

 

 Steve Meyers memiliki bakat dan kemampuan yg potensial di usianya yg relatif muda. Ia mendedikasikan semua usahanya untuk memenangkan Gubernur Mike Morris. Konflik muncul manakala Steve ditawari posisi yg menggiurkan oleh pihak lawan. Manajer Tim sukses senator Pullman, Tom Duffy, ingin merekrut Steve. Konflik semakin meruncing saat Steve menemukan skandal yg melibatkan Gubernur Morris. Akankah Steve menyebrang ke pihak lawan? Akankah ia mengungkapkan kebenararan mengenai skandal tersebut ke hadapan publik?

 

 THE IDES OF MARCH memberikan pelajaran bahwa apapun dapat terjadi dalam dunia politik. Manusia akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kekuasaan. Sekalipun itu dianggap kotor dan tidak manusiawi. Konflik, black campaign, skandal, dan penghianatan di sepanjang kisah ini adalah sebuah potret kecil mengenai dunia politik yg dikenal kejam. Di akhir film, penonton akan diajak untuk ikut berpikir, masih perlukah kita beretika dalam berpolitik?

 

Akting George Clooney tetap menawan di sepanjang film. Tapi yg menjadi perhatian saya adalah Philip Seymour Hoffman yg berperan sbg manajer kampanye. Hoffman dengan gayanya yg khas, tampil secara natural dan mengesankan. Menyaksikan aktingnya, saya nyaris percaya sepenuhnya kalo dia adalah manajer kampanye. Saya bahkan sempat membayangkan bagaimana jadinya jika Hoffman menjadi tim sukses salah satu capres kita yg akan bertarung 9 Juli nanti. 🙂