Wanita mana yang tidak ingin menjadi bidadari dunia? Bagaimanakah cara menjadi bidadari dunia? Ada 10 sifat yang bila semua sifat tersebut ada pada diri seorang wanita, dirinya akan mendapat kabar gembira, yakni surga. Nah, berikut ini adalah 10 sifat bidadari surga seperti yang dijelaskan di dalam Al-Quran.

1. Beriman kepada Allah SWT

Iman adalah sesuatu yang menjadikan pengawasan Allah Swt lebih dekat kepada seseorang daripada urat leher. Wanita yang beriman akan selalu mengingat Allah Swt, baik pada saat seorang diri maupun bersama, saat dalam keadaan sulit maupun saat dalam keadaan senang.

2. Berdiam Diri di Rumah dan Tak Bertabaruj (Bersolek untuk Orang Lain)

Ciri bidadari dunia yang kedua adalah berdiam diri di rumah dan tidak bertabaruj. Ya, wanita solehah diharuskan berdiam diri di rumah. Jika ingin ke luar rumah, terlebih dahulu harus meminta izin dari suaminya.

Sementara itu, tabaruj dapat diartikan perbuatan bersolek untuk orang lain. Sebagai seorang wanita yang sudah menikah, maka diharuskan bersolek hanya untuk suaminya.

3. Menundukkan Pandangan dan Menjaga Dirinya

Menundukkan pandangan dan menjaga diri adalah ciri bidadari surga yang ketiga. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al-Quran Surat An-Nuur ayat 31 yang berisi anjuran bahwa wanita beriman hendaknya menahan pandangan dan kemaluannya. Selain itu, berisi perintah untuk tidak memperlihatkan perhiasannya, kecuali yang boleh diperlihatkan.

4. Menjaga Lisan dari Ghibah dan Namimah

Ciri bidadari dunia yang keempat adalah mampu menjaga lisan dari perbuatan ghibah (menggunjing) dan namimah (adu domba). Dalam Al-Quran Surat Al-Hujuraat ayat 12, Allah Swt menyuruh para wanita untuk menjauhi sifat kecurigaan atau berburuk sangka, karena itu adalah dosa. Jangan pula kaum wanita mencari-cari kejelekan orang dan jangan menggunjingkan orang lain. Perumpamaan orang yang ghibah adalah memakan daging saudaranya sendiri yang sudah mati. Sangat menjijikkan, bukan? Oleh sebab itu, hindari perbuatan ghibah.

5. Menjaga Pendengaran dari Ucapan Kotor, Nyanyian, dan Sejenisnya

Wanita yang ingin menjadi bidadari dunia hendaknya menjaga pendengarannya dari ucapan-ucapan kotor, nyanyian, dan sejenisnya.

6. Hormat kepada Suami

Jika ingin masuk surga, para istri harus menghormati suaminya, menunaikan haknya, berupaya membuatnya tenteram, serta mentaatinya dalam keataan pada Allah Swt.

7. Hemat Menjalani Hidup

Ciri bidadari dunia yang ketujuh adalah hemat menjalani hidup, tidak boros dalam hal pakaian, makanan, dan tempat tinggal. Hendaknya, wanita muslimah menginfakkan kelebihan harta yang dimilikinya di jalan Allah. Perlu diingat bahwa orang yang boros itu adalah saudaranya setan.

8. Tidak Menyerupai Laki-laki

Bidadari surga tidak pernah menyerupai kaum pria dalam bentuk apa pun. Allah Swt melaknat para perempuan yang menyerupai kaum laki-laki.

9. Menjaga Shalat, Puasa, dan Sedekah

Wanita solehah selalu berupaya menjaga ibadah shalat, puasa, dan sedekah sunnah. Bidadari dunia tak akan meninggalkannya tanpa alasan yang syar’i.

10. Menyeru kepada Kebaikan

Bidadari dunia mampu menjadi da’i di kalangan para kaum wanita. Dirinya selalu menyeru kepada kebaikan dan menjauhi kemungkaran.

Itulah 10 ciri sifat bidadari dunia yang dijelaskan di dalam Al-Quran. Semoga bermanfaat!