Aktivitas Komunitas Penulis di Bogor

Banyak sekali kegiatan yang bisa didapatkan di komunitas penulis di Bogor. Mulai dari diskusi, seminar, hingga berbagai hal lainnya.

Komunitas penulis di Bogor, Forum Lingkar Pena Bogor merupakan wadah bagi para penulis dan orang-orang yang tertarik pada dunia kepenulisan. Komunitas yang berdiri sejak tahun 1997 di Jakarta dengan jumlah anggota kini lebih dari sepuluh ribu yang tersebar di Indonesia, dan luar negeri.

Kegiatan Komunitas Penulis di Bogor

Bervisi organisasi yang memberikan pencerahan melalui penulisan, membuat Forum Lingkar Pena Bogor rutin mengadakan diskusi mengenai kepenulisan. Pada minggu, 9 februari 2014, Forum Lingkar Pena Bogor mengadakan workshop dengan tema “menulis panggilan kar(y)a” di IPB Darmaga yang berada di Bogor.

Workshop ini diisi oleh Saleha Juliandi yang merupakan pendiri penerbit Pena Nusantara Publishing serta Izzatul Jannah, Manajer Penerbitan Sastra Budaya Balai Pustaka. Pada sesi awal, dijabarkan bagaimana cara menulis oleh 2 pembicara tersebut.

Dalam workshop komunitas penulis di Bogor tersebut, Saleha menjelaskan untuk menghindari mengedit tulisan sebelum selesai. Sedangkan Izzatul mengatakan untuk menjabarkan apa yang dilihat dan apa yang didengarkan, agar sebuah tulisan menjadi lebih hidup.

Workshop Komunitas Penulis Di Bogor: Rahasia Menulis Ada 2

Dalam sesi selanjutnya kedua pembicara ini menjelaskan mengenai rahasia dalam menulis, agar kemampuan menulis dapat berkembang. Penjelasan ini dijabarkan oleh Izzatul, menurutnya hanya ada 2 kunci yaitu membaca dan menulis.

Membaca kemudian menulis. Dari membaca orang akan mendapatkan kata-kata baru dan pola kalimat yang enak, membaca juga bisa jadi sebagai referensi bagi sebuah tulisan.

Workshop ini adalah rangkaian inagurasi anggota Forum Lingkar Pena cabang Bogor, yang merupakan angkatan ke 6.  Komunitas penulis di Bogor mendatangkan 50 orang yang berasal baik dari dalam kota Bogor sendiri, dan juga dari kota lainnya.

Tertarik dengan dunia tulis menulis? Bergabunglah di penulispro.net.

1 thought on “Aktivitas Komunitas Penulis di Bogor”

Leave a Comment