Banyak sekali komunitas penulis di Bandung, salah satunya yaitu Lingkar Pena wilayah Bandung. Ayo segera bergabung dan berkarya .

Komunitas penulis di Bandung mulai marak, dengan kegiatan yang banyak dan beraneka ragam. Munculnya ruang-ruang ini begitu kentara pada awal tahun 2000. Naiknya minat menulis membuat ruang-ruang seperti ini semakin banyak, hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya.

Forum Lingkar Pena Bandung, Komunitas Penulis Bandung

Salah satu komunitas yang lahir yaitu Forum Lingkar Pena Bandung yang merupakan salah satu cabang Forum Lingkar Pena, komunitas penulis terbesar di Indonesia. Mengusung semangat menulis dan budaya membaca di Indonesia, membuat Forum Lingkar Pena berkembang pesat sampai memiliki cabang di luar negeri, dengan jumlah anggota lebih dari 5000 orang, terutama diisi oleh pelajar.

Untuk acara rutin, biasanya diundang pembicara tamu mulai dari jurnalis, sastrawan ataupun intelektual. Acara rutin Lingkar Pena, komunitas penulis di Bandung digelar rutin setiap hari Kamis, mulai pukul 16.00-18.00 WIB, dengan tempat di selsar Masjid Salman ITB.

Sedangkan untuk kegiatan kepenulisan diadakan setiap Minggu. Untuk kegiatan lainnya, Forum Lingkar Pena Bandung mengadakan diskusi dan seminar yang berkaitan dengan dunia kepenulisan maupun seputar isu-isu kontemporer.

Komunitas Penulis Bandung, Membangun Jaringan, Meningkatkan Kemampuan

Untuk memperkuat eksistensinya, Forum Lingkar Pena Bandung menjalin kerja sama dengan berbagai penerbit. Bahkan kini banyak penerbit yang menginginkan kerja sama dengan Forum Lingkar Pena.

Manfaat lain dari kerja sama yaitu untuk memenuhi suplai buku-buku. Bagi anggota Komunitas Lingkar Pena yang berhasil menerbitkan buku, biasanya 10 hingga 15 persen rolaytinya disumbangkan untuk pengembangan komunitas Lingkar Pena.

Untuk mengenalkan komunitas Forum Lingkar Pena, buku-buku yang diterbitkan oleh anggotanya mencantumkan logo Forum Lingkar Pena. Komunitas penulis di Bandung ini juga rutin mengirimkan berbagai tulisan ke berbagai media.

Selain Lingkar Pena, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas penulis online. Contohnya penulispro.net.

1 COMMENT