Belajar di Komunitas Penulis Lagu

Bergabung dan dapatkan pembelajaran dari komunitas penulis lagu. Untuk dapat membuat lagu yang enak, tentu butuh kritik dan saran yang membangun.

Komunitas penulis lagu bertumbuh seiring dengan pertumbuhan industri musik tanah air. Ada beberapa komunitas yang bisa diakses melalui internet. Ada pula komunitas yang riil yang terdiri atas berbagai musisi lokal dengan genre tertentu.

Manfaat Bergabung dengan Komunitas Penulis Lagu

Terkadang setelah membuat lagu dengan lirik dan nada yang enak, kemudian dicoba untuk meminta pendapat dari orang lain. Namun kebanyakan orang yang mendengarkan hanya akan menjawab, “lagunya bagus” atau “lirik lagunya bener-bener menyentuh.”

Dari sanalah kenapa komunitas ini penting untuk berbagi kritik dan saran mengenai lagu-lagu karya sendiri. Tentu saja saran dan kritik yang dilontarkan jauh lebih membangun, karena yang memberikannya adalah orang yang benar-benar mengenal musik.

Ada banyak sekali orang yang berkompeten dalam bidang musik yang terwadahi oleh komunitas ini. Terutama referensi musiknya yang berbeda membuat saran dan kritik yang didapatkan dari bergabung dengan komunitas penulis lagu lebih membangun.

Apakah chordnya pas, ataukah ada lagu lain yang mirip dengan lagu yang kita buat. Hal inilah yang dibutuhkan untuk mengembangkan sense musik.

Atasi Berbagai Kesulitan Melalui Komunitas Penulis Lagu

Banyak orang yang kebingungan dalam menulis lirik lagu. Padahal lagu yang enak adalah kombinasi dari lirik dan vokal yang enak. Hal itu terlihat dari banyaknya orang yang menggemari lagu dari lirik dan vocal penyanyinya. Hal inilah yang jarang disadari oleh beberapa orang saat menulis sebuah lagu.

Kabar baiknya hal tersebut dapat diatasi, karena skill bermusik dan menulis lagu dapat dipelajari oleh siapapun. Sehingga tak perlu risau karena tidak mengetahuinya. Bergabung dengan komunitas penulis lagu adalah cara pembelajaran untuk mengenal lebih jauh dunia musik.

Tertarik untuk belajar menulis? Ayo cari informasi lebih jauh seputar dunia tulis menulis di penulispro.net.

Leave a Comment