Belajar Menerbitkan Buku di Komunitas Penulis Lepas

Bergabung dengan komunitas penulis lepas dan dapatkan berbagai pembelajaran. Dari mulai dunia kepenulisan hingga dunia penerbitan.

Komunitas penulis lepas mudah ditemukan di internet. Berbagai komunitas dan website menyediakan ruang bagi setiap orang untuk memberikan sumbangsih berupa tulisan dengan tema yang beragam. Selain itu wadah penulis lepas juga berupa komunitas riil yang ada di dunia nyata.

Komunitas Penulis Lepas di Dunia Maya

Berbagai website tersedia untuk mengakomodir karya para penulis. Selain itu juga terdapat website yang secara khusus mengajarkan berbagai kiat dalam menulis serta berbagai hal mengenai dunia kepenulisan. Beberapa grup di facebook juga dapat menjadi rujukan bagi para penulis lepas.

Selain itu terdapat juga berbagai website komunitas penulis seperti Forum Lingkar Pena, Forum Aktif Menulis, Malang Menulis, dan lain sebagainya. Dimana komunitas penulis lepas tersebut juga mengadakan berbagai kegiatan di dunia riil.

Komunitas-komunitas tersebut memiliki kerjasama dengan berbagai penerbit lain. Banyak sudah karya-karya yang telah diterbitkan oleh komunitas-komunitas tersebut seperti novel “Ayat-ayat Cinta” yang beberpa tahun lalu sangat booming.

Antara Komunitas Penulis Lepas dan Penerbitan

Ada banyak cara untuk menerbitkan sebuah buku. Salah satunya dengan bergabung dengan komunitas penulis yang sudah ada. Hal itu tidak bisa dilepaskan dari berbagai dukungan yang disediakan oleh komunitas penulis tersebut. Misalnya kegiatan yang menunjang peningkatan kualitas tulisan seperti diskusi dan worshop yang menghadirkan pembicara mulai dari jurnalis, sastrawan hingga para penulis buku.

Penerbit buku juga cenderung lebih terbuka jika karya tersebut berasal dari komunitas penulis. Alasannya cukup sederhana, kualitas tulisannya jauh lebih terjamin dibandingkan karya yang berasal dari luar komunitas penulis.

Kalau tidak percaya coba cek buku novel, beberapa pengarangnya bergabung dengan komunitas penulis. Jika akan bergabung dengan komunitas penulis lepas maka sesuaikan dengan tempat tinggal Anda.

Bergabung dengan komunitas penulis memberikan banyak manfaat. Nah, penulispro.net bisa menjadi salah satu referensi komunitas penulis online yang bisa Anda ikuti.

Leave a Comment