Berkarya Melalui Komunitas Penulis di Medan

Komunitas penulis di Medan hadir sebagai wadah kreativitas setiap orang yang gemar menulis. Melalui komunitas-komunitas tersebut pula telah lahir banyak karya sastra.

Komunitas penulis di Medan mulai bermunculan lantaran kota tersebut memiliki banyak penulis potensial. Hal tersebut dibuktikan dengan berdirinya berbagai komunitas penulis eksis dan beranggotakan para pecinta sastra.

Atas kesamaan hobi dan minat itulah mereka datang dari berbagai latar belakang dan tingkatan usia yang berbeda-beda. Dalam komunitas penulis mereka bisa menyalurkan bakat dan berbagi ilmu kepenulisan.

Beberapa Wadah Komunitas Penulis di Medan

Setiap komunitas memiliki aliran ideologi masing-masing. Dalam artian jenis sastra yang menyatukan anggotanya tentu berbeda antara satu komunitas dengan yang lainnya.

Karenanya tidak hanya satu komunitas saja yang lahir di Kota Medan. Sehingga pecinta sastra dapat menentukan pilihan sesuai dengan kesamaan yang dimilikinya dengan salah satu komunitas. Di antaranya adalah Forum Lingkar Pena (FLP), Komunitas Sastra Indonesia (KSI), Komunitas Home Poetry (HP), Komunitas Penulis Muda Sumatera Utara (KPM- Sumut), dan Komunitas Penulis Anak Kampus (Kompak).

Tidak hanya itu, komunitas penulis di Medan pun masih lebih banyak jumlahnya. Seperti Komunitas tanpa nama (Kontan), Komunitas Mahasiswa Pecinta Sastra Indonesia (Kompensasi), Komunitas Poeisi (Kompoe), Win’s Sharing Club (WSC), dan Komunitas Penulis Anak Sekolah (Kompas).

Beragam Kegiatan Positif dalam Komunitas Penulis di Medan

Meskipun saling berbeda aliran dan rumusan visi serta misi, namun inti dari terbentuknya berbagai komunitas penulis tersebut sebenarnya sama. Yaitu sebagai tempat menyalurkan kreativitas dan segala hal positif yang berkaitan dengan perkembangan sastra.

Setiap komunitas memiliki agenda rutin seperti diskusi sastra, pementasan puisi, dan berbagai pelatihan. Lebih dari itu biasanya diadakan perlombaan yang dimaksudkan memicu gairah berkarya di dunia kepenulisan. Dari komunitas penulis di Medan itulah regenerasi pecinta sastra dapat terjaga.

Tertarik untuk mengembangkan bakat di dunia tulis menulis? Ayo bergabung di komunitas penulispro.net.

Leave a Comment