Cara Mengatasi Kecanduan Belanja

Belanja merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi kaum hawa. Saat mempunyai uang banyak, kaum hawa tak segan-segan menghabiskan uangnya untuk berbelanja. Berbelanja memang menyenangkan, namun akan mempunyai dampak yang buruk untuk kedepannya.

Berbelanja itu tentu boleh saja, karena untuk menunjang penampilan kita agar terlihat lebih baik di mata orang lain. Hal positif lainnya dari berbelanja juga dapat menghilangkan stress dan kepenatan dalam kehidupan sehari-hari.

Roda kehidupan manusia berputar, kadang ada di atas dan juga kadang ada di bawah. Kadang punya uang dan kadang tidak punya uang. Saat punya uang lebih, janganlah menghamur-hamurkan uang tersebut dengan berbelanja.

Nah, berikut ini ada cara untuk mengatasi kecanduan berbelanja Anda. Simaklah.

1. Bersyukur apa yang telah kita punya

thankful

Syukuri barang yang sudah kita punya. Saat kita melihat suatu barang yang menarik, syukuri dalam hati kita bahwa kita pun sudah puas dengan barang sudah yang kita miliki.

2. Lihatlah orang yang ada di bawah kita

kakek

Saat Anda berbelanja pasti banyak melihat orang-orang yang dibawah kita sedang bekerja demi bisa makan. Seperti pedagang asongan, tukang becak, pedagang kaki lima dan lain-lainnya. Tidakah terbesit dalam hati Anda, Anda yang hidupnya suka menghambur-hamburkan uang dalam beberapa menit, Sedangkan mereka harus bersusah payah untuk mendapatkan sedikit uang.

3. Hidup Hemat

Tips-to-Save-Money

Hidup hemat itu kadang sulit dan menyiksa, saat teman-teman kita puas bisa membeli apapun, bebas jalan kelaman pun, makan di restoran manapun. Dan kita hanya bisa pergi ke bank untuk menyimpan uang. Ingatlah Hemat adalah pangkal kaya.

4. Pilih barang yang bermanfaat untuk Anda

choice2

Sebelum membeli barang tersebut, pertimbangkanlah dulu. Seberapa banyak manfaatnya untuk Anda.

5. Ingat Saat Susah

empty2

Ingatlah saat kita tidak punya uang sepeser pun. Saat ingin pinjam uang untuk ongkos saja, tidak ada yang kasih.

6. Kurangi bergaul dengan teman yang suka belanja juga

main_slider_8

Walaupun niat kita hanya akan mengantar teman belanja, tapi bagaimana jika kita melihat ada barang yang bagus dan apalagi barangnya tinggal satu-satunya lagi? Pasti kita tidak ingin melewati barang tersebut dan akan langsung ingin membelinya.

7. Membuat List Pengeluaran Belanja

saving-tips_2245371b

Buatlah daftar belanja Anda sendiri tiap bulannya. Dengan begitu Anda bisa melihat pengeluaran Anda.

8. Jangan iri

jealous-sister-lollipop

Keinginan berbelanja di dorong juga oleh orang-orang yang ada di sekitar kita yang mempunyai barang-barang baru. Contohnya saja teman kita membeli tas baru atau sepatu baru. Tentu kita tidak ingin kalah, ingin mempunyai yang baru juga. Maka janganlah iri.

Demikianlah ulasannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment