Hati-hati pamer foto umroh di facebook! Artikel kali ini penulis tulis berdasarkan kisah seseorang yang baru saja pulang menunaikan ibadah umroh. Karena takut pahala umrohnya berkurang atau bahkan terhapus, dia mengambil tindakan yang sangat tidak populer di tengah hingar-bingarnya media sosial. Sebuah tindakan yang sering sekali dianggap sepele dan mungkin terlupakan oleh orang yang baru pulang ibadah umroh.

Kisah Seseorang yang Pulang Umroh

Dikisahkan seseorang yang bernama Mas Bro baru saja pulang umroh beberapa waktu lalu bersama sang istri tercinta. Seperti masyarakat pada umumnya, Mas Bro adalah orang yang tak pernah bisa meninggalkan perkembangan zaman, karena memang dirinya bekerja di dunia internet. Mas Bro sangat aktif dan terkenal di facebook maupun twitter.

Hampir seluruh foto aktivitas rutinnya, selalu diupload di facebook. Tapi tidak dengan foto-foto umrohnya. Saat bersilaturahmi ke rumah Mas Bro, penulis bertanya kenapa foto-foto ibadah umrohnya tidak ada yang diupload di facebook. Padahal mereka-mereka yang baru pulang umroh pasti akan dengan segera mengupload foto-foto umrohnya secara lengkap.

Mendengar pertanyaan tersebut, Mas Bro hanya tersenyum lalu menjawab dengan jawaban sangat logis. Sebuah jawaban yang langsung membuka hati penulis dan semoga juga hati siapa pun yang membaca kisah inspiratif ini bisa terhindar dari tipu daya setan dalam menghapuskan pahala omroh.

Benarkah Foto Umroh di FB Bisa Menghanguskan Pahala Umroh?

Tahukah Anda bahwa pahala kebaikan atau ibadah akan hangus bila disertai dengan niat agar dipuji orang ataupun kesombongan? Nah, inilah alasan Mas Bro tak mengupload semua foto umrohnya. Dirinya tak ingin setan membelokkan hatinya hanya karena foto-foto umrohnya di facebook dilihat banyak teman dan nantinya Mas Bro menjadi ingin dipuji atau sebagai pernyataan kesombongan.

Karena Mas Bro hanyalah seorang manusia biasa yang tak ada alasan lain selain untuk pamer bila mengupload foto-foto umrohnya, dia dan istri tercinta akhirnya bertekad tidak akan memamerkan semua foto umroh mereka. Pada dasarnya, ibadah umroh adalah urusan dirinya dengan Allah Swt. Jadi, tak selayaknya ia pamer-pamerkan kepada teman-temannya di media sosial.

Meskipun berbagi foto umroh tersebut niatnya tidak lain hanya untuk berbagi kebahagiaan, setan mudah sekali membelokkan hati manusia dengan bisikan seperti misalnya ini aku sekarang udah sukes, aku sudah bisa umroh, aku banyak uang, dan lain-lain. Inilah yang ditakutkan oleh mereka-mereka yang beriman seperti Mas Bro. Oleh sebab itulah, Mas Bro memutuskan untuk tidak mengupload satu pun foto umrohnya. Dirinya tak ingin keikhlasan ibadah menjadi kotor karena riya.

Semoga kisah ini menginspirasi dan menjadi benteng untuk para pembaca agar ibadah umroh yang dilakukan benar-benar murni pahalanya, tanpa tercoreng rasa kesombongan, ingin dipuji, dan pamer. Ingat, risikonya adalah hangusnya pahala Anda.