Currently set to No Index
Currently set to No Follow

Hindari 5 Gangguan Fatal Ini dari Penggunaan Gagdet

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini era ponsel pintar sudah merasuki pikiran serta pasar masyarakat. Hal itu bisa terlihat dari semakin banyaknya pusat penujualan ponsel yang disesaki oleh konsumen. Selain itu, berbagai produk baru yang menawarkan banyak keunggulan juga semakin tidak bisa dibendung lagi. Kejadian ini bahkan membuat banyak merek ternama semakin berlomba dalam membuat maha karyanya.

Kita sebagai masyarakat yang konsumtif tentu akan langsung tergiur begitu melihat produk baru bermunculan. Setelah mencoba berbagai fitur dan aplikasinya maka akan dengan cepat produk baru tersebut berpindah tangan. Begitulah setiap tahunnya selama merek-merek tersebut memproduksi.

Namun tahukah kita bahwa ternyata kehadiran ponsel pintar tersebut tidak semata-mata memberikan manfaat. Ada cukup banyak kerugian yang didapat jika kita tidak bisa mengontrol penggunaan ponsel pintar tersebut.

Berikut ini beberapa kerugian dari penggunaan ponsel pintar secara berlebihan yang dilihat dari beberapa sisi.

Risiko rabun jauh

Sudah banyak analisis yang menyatakan bahwa penggunaan ponsel pintar secara berlebihan dapat menyebabkan rusaknya mata kita. Hal ini disebabkan oleh terlalu lamanya memandangi layar ponsel.

Kita memang akan merasa nyaman untuk terus berlama-lama memandangi layar tersebut. Waktu yang lama tersebut akan dilupakan bahwa mata juga memerlukan waktu untuk beristirahat. Pada akhirnya, kualitas pandangan mata akan semakin berkurang dan tidak lagi tajam.

Tidak adanya sosialisasi

Sosialisasi sangat diperlukan dalam sebuah kehidupan berkelompok untuk membina hubungan satu sama lain. Namun hal ini sering dikesampingkan ketika kita sudah asyik dengan ponsel yang kita genggam. Dengan banyaknya aplikasi dalam ponsel tersebut, itu akan membuat semakin menjauh dan rasa malas untuk bersosialisasi.

Bayangkan saja ketika sedang berada di tempat yang baru. Kita akan sulit bertanya kepada orang karena lebih mengandalkan GPS. Selain itu, kita juga akan lebih senang bergaul dalam dunia maya ketimbang bergaul dalam dunia nyata. Hal itu didukung pula oleh adanya beragam media sosial dan tempat untuk mengobrol/chatting.

Quality time berkurang

Inilah masalah yang sering tidak kita sadari dapat merusak hubungan percintaan. Dengan adanya ponsel pintar yang banyak memberikan kemudahan, akan melupakan kita bagaimana berkomunikasi dengan pasangan. Kita akan semakin disibukkan dengan melihat notifikasi media sosial, dibanding melihat sejauh mana kecantikan atau ketampanan pasangan kita.

Ketika berada dalam kondisi berdua, berapa lama obrolan langsung yang akan terbina? Waktu yang lebih banyak hanyalah untuk ponsel yang telah kita beli. Jika hal ini berlangsung dengan lama, bukan tidak mungkin hubungan percintaan menjadi tidak sehat.

Kecanduan yang tinggi

Percaya atau tidak bahwa ponsel pintar dan gadget bisa membawa kecanduan yang tinggi. Hal itu didasari kepada isi aplikasi yang semakin beragam, seperti halnya games, media sosial, fasilitas browsing, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang dianggap bisa mengobati ketegangan yang sedang dirasakan.

Terganggunya waktu berlibur

Liburan dipercaya bisa memberikan manfaat yang sangat besar untuk pikiran kita. Namun hal itu tidak berlaku ketika ponsel pintar dan gadget sudah masuk ke dalam jadwal liburan. Berapa banyak waktu yang tersita dan momen indah terlewat ketika kita masih asyik dengan aplikasi-aplikasi dalam gadget. Kita hanya menyibukkan diri kita masing-masing dengan alat tersebut.

Sejatinya penggunaan ponsel pintar serta gadget lainnya bisa digunakan secara bijak. Tentu kita tidak ingin dicap jelek oleh orang sekitar karena penggunaan alat tersebut, bukan? Jadi, gunakanlah alat tersebut pada waktu dan tempat yang tepat.

 

Leave a Reply