Manusia adalah makhluk yang bisa melakukan banyak hal di dunia ini. Banyak hal yang awalnya mustahil untuk dilakukan, tapi nyatanya berhasil dengan memuaskan. Bahkan hal-hal yang menurut logika sekalipun, manusia bisa merealisasikannya dengan mudah. Dengan adanya akal dan pikiranlah manusia bisa melakan semua hal tersebut. Tuhan memang menjadikan manusia sebagai makhluk yang special dibanding makhluk ciptan-Nya yang lain.

Meskipun manusia bisa disebut sebagi manusia super yang bisa menaklukan banyak rintangan, namun nyatanya manusia tetaplah makhluk yang lemas. Bukan fisik, melainkan hati kita yang sering dalam kondisi yang lemah. Dari semua yang bisa ditaklukan olehnya, ada beberapa yang sulit untuk bisa dikalahkan. Bahkan sesuatu itu hanya terdiri dari satu kata!

Lantas, apa sajakah satu kata yang masih belum bisa manusia taklukkan? Inilah jawabannya.

Sabar

Sabar jika diartikan secara harfiah adalah bisa menahan diri dari cobaan yang sedang melanda. Jika melihat dari pengertian tersebut, ada kemungkinan kita akan merasa mudah untuk melakukannya. Kita hanya tinggal mengabaikan masalah tersebut, untuk kemudian pergi dan menjalani urusan yang lain.

Inilah 1 Kata yang Sulit Ditaklukkan Manusia 1

Namun pada kenyataannya, inilah yang sulit dilakukan oleh manusia. Sikap tersebut banyak terbukti di lapangan ketika cobaan banyak melanda. Berapa banyak kasus putus asa yang mengakibatkan kerugian untuk dirinya sendiri? Berapa banyak pula kasus potong urat nadi dan meminum racun untuk mengakhiri hidupnya? Inilah yang harus menjadi bahan renungan manusia karena pada dasarnya manusia pun harus bisa menaklukan sikap sabar ini.

Ikhlas

Ikhas sendiri memiliki arti yang mudah dipahami dan cukup simpel, yakni bisa melakukan sesuatu dengan hati yang tulus. Namun pada kenyataannya ternyata tidak semudah dan sesimpel pengertiannya, bukan? Terkadang kita yang sudah mencoba untuk bersikap ikhlas, toh akhirnya masih ada hati kecil yang masih terasa berat.

Inilah 1 Kata yang Sulit Ditaklukkan Manusia 3

Contoh nyatanya ialah ketika ada orang yang membutuhkan bantuan kita. Namun di saat itulah kita merasa terbentur oleh keadaan yang memberatkan. Ada juga ketika kita tertimpa musibah terhadap barang kesayangan, seberapa besarkah hati kita dalam menerimanya? Rupanya sikap seperti ini yang harus kita taklukan demi hidup yang lebih baik.

Nafsu

Seperti halnya hewan, manusia juga diberi nafsu. Nafsu tersebut bisa disalurkan kepada banyak hal, bisa kepada benda kesenangan atau kepada lawan jenis. Ketika manusia bisa mengelola nafsu ini maka manusia bisa dikatakan berhasil. Akan tetapi, ketika manusia tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya maka akan banyak hal buruk yang menimpanya.

Inilah 1 Kata yang Sulit Ditaklukkan Manusia 2

Kejadian yang berawal dari nafsu ini sudah banyak tersebar di masyarakat. Mari kita ambil contoh dari orang yang suka dengan berbelanja. Berapa banyak uang yang dihabiskan meskipun bukan untuk barang yang dibutuhkan? Padahal semua itu dilakukan hanya untuk kepuasaan yang semu. Nafsu lepada lawan jenis juga perlu untuk dijaga. Salah-salah menyalurkan niat baik, malah akan berakibat fatal yang bisa merugikan banyak pihak.

Manusia memang masih sulit untuk bisa mengalahkan satu kata tersebut. Namun manusia dianugerahi akal dan pikiran sehingga bisa tahu bagaimana caranya menaklukkan semua itu.