Beberapa hari terakhir ini dunia maya, dipanaskan dengan berita foto yang mengundang banyak kecaman. Foto tersebut memuat artis Julia Perez dan pesepakbola Diego Michiels yang melakukan tindakan tidak pantas. Pihak Julia Perez sendiri menyatakan bahwa wanita dalam foto tersebut memang benar merupakan dirinya. Namun sanggahan darinya bahwa tindakan tidak pantas tersebut merupakan sebuah trik dan editing komputer.

Kasus yang terjadi pada foto tersebut memang bukan yang pertama kalinya terjadi. Namun dengan adanya kasus ini seharusnya bisa membuat kita lebih waspada lagi dengan dunia maya. Banyak hal yang bisa dilakukan di dunia maya tersebut, salah satunya dengan editing komputer.

Dengan adanya editing komputer tersebut tentu akan menjadi sebuah fitnah yang besar dan bisa merugikan banyak pihak. Dampak yang diberikan dari kejadian seperti itu tentu tidak bisa dianggap remeh. Hal pertama tentu akan menyakitkan anggota keluarga dan mengagetkan semua yang mengenal dengan kita. Selain itu, dampak lainnya ialah kepada mental yang akan runtuh karena kita akan merasa malu ketika bertemu dengan orang, terlebih dengan yang mengenal kita.

Bijak dalam penggunaan media sosial

Jebakan dari Fitnah Foto yang Mudah Terjadi 1

Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial menjadi pintu gerbang mudahnya dalam bergaul di dunia maya. Kita dapat mengenalkan diri kita dengan luas dan imbasnya dunia luar juga akan mengenal kita. Cara termudah ialah dengan memasukkan foto ke media sosial.

Foto yang dimasukkan ke media sosial akan dengan mudah diakses oleh banyak orang. Untuk orang yang iseng bisa saja mereka mengedit menjadi sesuatu yang lucu atau menarik. Namun apa jadinya ketika foto tersebut diketahui oleh orang yang tidak suka dengan kita? Maka hasilnya akan terjadi fitnah dalam foto, seperti yang selama ini sering terjadi.

Jebakan dari Fitnah Foto yang Mudah Terjadi 2

Alangkah bagusnya kita lebih peduli akan foto yang ingin kita publikasikan ke dunia maya. Alih-alih ingin terkenal malah menjadi malapetaka karena ketidaktahuan kita. Jika sudah begitu maka kita akan menyesal seumur hidup dan bisa saja tidak bisa memaafkan diri sendiri.

Media sosial akan membuat kita tidak memiliki privasi dan itu memang benar. Kita akan tergoda untuk memublikasikan diri kita kepada khalayak dunia maya. Namun penggunaan dengan bijak adalah solusi yang paling tepat jika kita tidak ingin terjebak dalam fitnah foto.