Kembang Biak Komunitas Penulis Kota Malang

Kini Malang tidak hanya dikenal sebagai penghasil apel. Lahirnya komunitas penulis Kota Malang, Malang Menulis akan menghasilkan berbagai penulis hebat.

Komunitas penulis Kota Malang mulai bergeliat. Geliatnya seiring banyak dan tingginya minta baca dan tulis masyarakat Malang. Komunitas adalah kumpulan orang yang memiliki minat yang sama pada sebuah hal. Sisi lainnya sebagai ruang untuk berinteraksi dan bertukar informasi mengenai hal yang diminati.

Perkembangan Komunitas Penulis Kota Malang

Komunitas penulis di Malang yang paling dikenal yaitu Forum Penulis Kota Malang. (FPKM). Dibentuk pada tanggal 8 Oktober 2006 untuk mewadahi berbagai kreativitas dan karya dari penulis di kota Malang. Anggota awal Forum Penulis Kota Malang mencapai 77 orang dan bertambah seiring waktu.  

Untuk kegiatan rutin diadakan setiap dua minggu sekali, dengan memilih hari minggu  sebagai hari pertemuannya. Komunitas Penulis Kota Malang ini memiliki base camp di perpusatakaan Kota Malang.

Kegiatannya diisi dengan berbagai diskusi, workshp dan seminar dan berbagai kegiatan lainnya di base camp yang beralamat di Jalan Raya Ijen 30A ini. Banyak sekali anggota dengan latar belakang yang berbeda yang bergabung dengan Forum Penulis Kota Malang ini.

Tujuan Pendirian Komunitas Penulis Kota Malang

Sesuai dengan minat yang diakomodir, tentu saja seputar dunia kepenulisan. Lengkapnya tertera dan tercantum dalam misi mereka. Untuk misi jangka pendeknya komunitas ini ingin mengembangkan berbagai hal mengenai dunia ke penulisan, dengan karya dan menjaring jaringan dengan penulis dan penerbit serta pihak lain yang masih berhubungan.

Untuk jangka menengah yaitu untuk membangun dan mengembangkan berbagai wacana mengenai kepenulisan dengan berbagai wacana serta menghidupkkan minat tlis menulis di Kota Malang. Sedangkan tujuan akhir dari komunitas penulis Kota Malang ini yaitu mencetak penulis-penulis berkualitas melalui berbagai karya, dan jaringan dengan penerbit.

Berkat kecanggihan teknologi, kini hadir berbagai komunitas penulis online. Salah satunya adalah komunitas penulispro.net. Di komunitas tersebut, Anda bisa saling berbagi informasi dunia tulis menulis.

Leave a Comment