Beberapa waktu yang lalu, penulis sempat berbincang-bincang dengan seorang PNS yang sebentar lagi akan memasuki masa pensiun. Dari perbincangan tersebutlah, penulis berhasil memperoleh sebuah jawaban tentang kapan waktu yang tepat berbisnis untuk masa pensiun.

Ada banyak pelajaran berarti bagi para PNS yang berniat mempersiapkan bisnis ketika masa pensiun tiba. Selama ini, tanpa disadari sudah terjadi salah kaprah yang diterapkan oleh para PNS yang ingin bisnis ketika pensiun dan ini adalah sebuah kenyataan.

Kesalahan fatal apa yang banyak dilakukan para PNS tersebut? Kesalahan fatal ini terletak pada watku atau kapan memulai bisnis untuk masa pensiun. Ternyata, sebagian besar para PNS mengawali bisnisnya justru ketika masa pensiun sudah datang. Ini adalah sebuah langkah yang salah kapral dan salah besar. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Dalam Berbisnis, Trial Error Pasti Sering Terjadi

Dalam kamus bisnis, saat seseorang mulai menjalankan bisnis, tidak mungkin bisnis tersebut bisa langsung sukses dan berkembang tanpa kendala sedikit pun. Fakta di lapangan membuktikan bahwa sebuah bisnis yang sukses awalnya pasti mengalami kegagalan sebelum akhirnya benar-benar berjalan dan bertahan. Nah, bila memulai bisnis ketika masa pensiun sudah tiba, dikhawatirkan Anda akan disibukkan dengan trial error.

Mengapa para pensiunan tak boleh disibukkan dengan trial error ini? Jawabannya karena makin tua, daya kerja otak semakin menurun, tidak seperti masa muda dulu. Rasa letih dan ketahanan psikologi menghadapi kegagalan pun akan ikut menurun. Ditambah jika mulai sakit-sakitan, pasti akan semakin sulit melangkah, bukan?

Masa Muda = Masa Keemasan

Coba lihat para pebisnis yang sudah sukses. Mereka rata-rata telah memulai segalanya sejak masa muda. Masa muda adalah masa-masa dengan keadaan fisik yang benar-benar masih bisa berfungsi maksimal. Di masa ini, seseorang mudah sekali mencari relasi dan melakukan inovasi secara instan. Berbeda jika memulai bisnis pada saat masa tua, karena pasti akan terasa sangat sulit.

Dari penjelasan-penjelasan tersebut, semoga para PNS yang berniat menikmati masa pensiun dengan menjadi seorang pengusaha, mendapat pencarahan. Mulailah bisnis saat kita masih muda, berjuanglah membangun bisnis saat masih muda.

Saat orang lain sudah pulang kerja dan istirahat di rumah, kita masih sibuk mengurus bisnis. Ini adalah sebuah perjuangan. Hasilnya, setelah tua dan pensiun, kita tinggal menikmati hasil dari perjuangan di masa muda.

Bagi Anda para PNS, pilihlah bisnis yang gampang dikelola tanpa memerlukan banyak campur tangan. Jangan menunda kesempatan yang ada selagi masih mudah dan terasa ringan. Jangan takut risiko dan risih karena harus merangkap sebagai pengusaha saat kita sibuk bekerja sebagai pegawai.

Yakinkan diri Anda, walaupun tersiksa di awal perjuangan, di akhir nanti saat pensiun tiba pasti akan tersenyum bangga karena berhasil memegang status menjadi seorang pengusaha.

Semoga bermanfaat!