Mungkin sudah banyak yang mengetahui jika bersedekah itu haruslah ikhlas, tetapi masih sedikit orang yang tahu tentang bagaimana itu ikhlas dalam bersedekah. Ikhlas saat melakukan sedekah sebenarnya sangat simpel. Namun, sebagian besar kita sering mempersulit arti ikhlas itu sendiri. Nah, berikut ini penjelasan tentang apa itu ikhlas dalam bersedekah dan bagaimana caranya bersedekah agar menjadi kaya.

Harus Ikhlas

Ikhlas dalam hal ini tidak berarti kita tidak boleh mengharapkan sesuatu. Dengan melakukan sedekah, kita boleh-boleh saja menginginkan apa pun seperti bersedekah karena ingin uang yang disedekahkan dikembalikan 20 kali lipat oleh Allah Swt, ingin dimudahkan rezeki, ingin jadi pengusaha, dan lain-lain. Semua itu boleh.

Sesuatu yang tidak diperbolehkan adalah bersedekah dengan mengharap sesuatu dari manusia seperti dipuji orang lain. Nah, hal ini sangat tidak diperbolehkan. Jadi, intinya adalah bersedekah hanya mengharap ridho Allah Swt.

Sedekah yang Banyak

Anda ingin menjadi kaya karena sedekah? Sedekahlah sebanyak-banyaknya, terutama menyedekahkan barang yang begitu dicintai seperti motor, mobil, rumah, dan uang. Jika yakin, segera sedekahkan asalkan masih ada tersisa untuk makan. Allah Swt itu maha kaya dan segala apa yang dipunyai orang kaya itu milik Allah. Kapan pun Allah ingin mengambilnya, pasti bisa. Jadi, kapan pun seseorang minta dirinya menjadi kaya, jika Allah Swt menghendaki pasti bisa.

Sholat 7 Waktu, Baca Al-Quran, dan Berdoa

Selain sedekah secara tidak wajar alias banyak, kita harus tetap melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah Swt jika ingin kaya seperti sholat 7 waktu, membaca Al-Quran, dan berdoa. Sholat 7 waktu maksudnya adalah sholat wajib 5 waktu ditambah dengan sholat Tahajjud dan Dhuha. Jadi, tidak hanya sholat wajib yang dilaksanakan, Tahajjud dan Dhuha juga sangat dianjurkan dilakukan agar seluruh keinginan cepat dikabulkan.

Jika merasa tak terlalu banyak dosa, dengan melakukan hal-hal di atas, pasti dalam 40 hari saja, seseorang akan menjadi kaya raya. Tapi jika merasa banyak melakukan dosa, kita tak perlu khawatir. Dengan melakukan ibadah seperti di atas secara rutin, Insya Allah akan kaya dan dosa-dosa kita pun akan diampuni Allah Swt.

Buat Kaget Orang yang Anda Sedekahi

Apa maksud kagetkan orang yang Anda beri sedekah? Maksudnya, jika biasanya kebanyakan orang bersedekah hanya sedkit, kita harus jauh lebih banyak misalnya 100 ribu, 200 ribu, atau jauh lebih bagus lagi 1 juta sampai tak terhingga. Dengan bersedekah sebanyak itu, otomatis orang yang diberi sedekah akan sangat kaget. Malaikat yang mencatat sedekah kita pun akan ikut kaget dan mereka pun akan mendoakan kita berulang-ulang secara ikhlas.

Nah, itu lah ketentuan dan syarat sedekah yang bisa membuat seseorang kaya. Selamat bersedekah!