Keberadaan komunitas penulis di Surabaya cukup memberi andil dalam perkembangan sastra kota itu. Berikut ulasan singkatnya.

Komunitas penulis di Surabaya memang tidak memiliki nilai gairah yang sebanding dengan kota besar lainnya. Bahkan industri buku di kota ini terkesan kurang bergairah, bahkan cenderung stagnan. Meski demikian kehadiran komunitas sastra telah membuktikan bahwa masyarakat Surabaya tetap menaruh apresiasi terhadap perkembangan dunia sastra di kotanya.

Komunitas Penulis di Surabaya Mendorong Penulis Berkarya

Geliat industri perbukuan yang terjadi di Yogyakarta, Bandung, ataupun Jakarta sejak era reformasi tahun 1998 ternyata tidak terjadi di Surabaya. Muramnya kondisi industri perbukuan lantas memengaruhi perkembangan dunia tulis menulis dan sastra di wilayah itu. Sastrawan di Surabaya tentu tidak leluasa berkarya dan menerbitkan tulisannya karena minimnya penerbit di kota tersebut.

Perhatian masyarakat terhadap karya seni sastra pun tergolong tidak terlalu besar. Hal ini dikarenakan Kota Surabaya lebih bercorak dan berkembang sebagai kota dagang atau bisnis ketimbang kota budaya.

Akan tetapi justru di sinilah letak peran krusial komunitas penulis di Surabaya. Para penggiat sastra di kota tersebut tak pernah lelah apalagi menyerah untuk mendorong siapapun berkarya melalui tulisan.

Komunitas Penulis di Surabaya Tetap Bergeliat

Umumnya komunitas sastra di Surabaya terbentuk di beberapa universitas. Dan kebanyakan penulis-penulis di daerah ini lebih sering menulis untuk koran daerah. Kendati situasi kurang mendukung perkembangan dunia sastra, hal itu tidak menyurutkan penulis di daerah ini untuk terus berkarya dan berprestasi sehingga mampu menembus pasar nasional.

Harapan akan kelahiran penulis-penulis handal dari Kota Surabaya tetap ada seiring berkembangnya perkumpulan di bidang seni sastra. Maka sudah menjadi tugas mulia bagi komunitas penulis di Surabaya untuk menetaskan bibit-bibit sastrawan yang akan berjaya dengan karyanya.

Sekian ulasan mengenai komunitas penulis di Surabaya. Untuk memgetahui berita lainnya tentang dunia tulis menulis, bisa dilihat di penulispro.net.