Komunitas Penulis Bali yang Mendunia

Komunitas penulis Bali saat ini memiliki tempat di masyarakat sekitar sampai dengan pengakuan di Indonesia, bahkan dunia. Meskipun tergolong komunitas penulis yang belum lama terbentuk, tetapi komunitas ini mampu bersanding dengan komunitas lainnya yang sudah terkenal.

Bali sebagai salah satu daerah di Indonesia yang paling banyak penduduknya beragama hindu dan budha itu menyimpan segudang seni di dalamnya, termasuk dengan seni tulis menulis.

Apa Itu Komunitas Penulis Bali?

Komunitas atau perkumpulan ini diikuti oleh beberapa orang yang memiliki kegemaran atau kemampuan yang sama dalam hal pengembangan seni Bali, khususnya di bidang tulis menulis.

Penulis yang terdapat dalam komunitas ini bebas mengembangkan imajinasi untuk karya tulisnya baik itu dalam bentuk tulisan fiksi maupun non fiksi. Penulis Bali ini terdiri dari perempuan dan laki-laki yang merupakan penduduk asli Bali.

Komunitas ini juga membuka kesempatan untuk penduduk luar Bali yang ingin bergabung. Namun tetap mempertimbangkan tekad mereka, karena jika kemampuan bisa dilatih. Jadi apabila ada calon anggota baru komunitas penulis Bali merasa belum memiliki kemampuan yang baik untuk menulis, jangan khawatir ada kegiatan pelatihan untuk calon anggota baru.

Kegiatan-kegiatan dalam Komunitas Penulis Bali

Terdapat beberapa kegiatan dalam komunitas ataupun perkumpulan para penulis Bali ini. Kegiatan tersebut misalnya seperti pelatihan menulis, pameran atau pagelaran karya tulis, perlombaan tulis menulis, dan seminar yang berkaitan dengan komunitas penulis atau karya tulis menulis ini.

Kegiatan di komunitas ini yang mengikutsertakan orang lain untuk bergabung biasanya menjadi satu rangkaian utuh. Misalnya dengan mengadakan seminar berkaitan dengan komunitas tersebut yang menginformasikan juga adanya perlombaan karya tulis kemudian setelah perlombaan berlangsung, hasilnya dijual dan dipamerkan/ di pagelarkan dari komunitas penulis Bali itu sendiri.

Itulah artikel tentang komunitas penulis di Bali. Untuk mendapatkan informasi lain yang lebih lengkap bacalah penulispro.net.

Leave a Comment