Komunitas Penulis dan Jurnalis Pelajar di Indonesia

Komunitas penulis dan jurnalis kini hadir. Dibuat oleh Persatuan Wartawan Indonesia membuat komunitas ini berkualitas. Komunitas penulis dan jurnalis pelajar atau yang biasa disingkat KPJP, merupakan salah satu ekstrakurikuler yang membidangi tulis menulis. Baik dalam bidang kepenulisan maupun bidang kejurnalistikan.

KPJP dapat ditemui di berbagai kota dengan komunitas dan keanggotaan berada di setiap sekolah masing-masing. Untuk beberapa daerah masih tergolong baru pembentukannya, seperti di Sulawesi yang baru terbentuk pada tahun 2012.

Tujuan dan Misi Komunitas Penulis dan Jurnalis Pelajar

KPJP memiliki 3 misi, yaitu untuk mengadakan pelatihan kepenulisan dan kejurnalistikan secara berkala dalam kurun waktu tertentu. Yang selanjutnya yaitu menyelenggarakan seminar menulis, cerpen, artikel, puisi, berita, dan karya-karya kepenulisan yang lainnya.

Untuk yang selanjutnya KPJP ini bertujuan untuk mengelola media yang tersedia di sekolah, mulai dari majalah dinding hingga buletin sekolah. Komunitas penulis dan jurnalis pelajar mengakomodir anggota maupun juga menarik minat dari para pelajar lainnya, misalnya dengan lomba menulis maupun hal lainnya.

Pelatihan dan Pengelolaan Komunitas Penulis dan Jurnalis Pelajar
KPJP dikelola oleh pelajar dengan diakomodir oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Penyelenggaraan diklat dasar kejurnalistikan dan kepenulisan digawangi oleh anggota PWI di berbagai daerah seperti di Sulawesi.

Materi dalam diklatnya terdiri dari dasar-dasar kejurnalistikan, kode etik jurnalistik dan undang-undang pers. Dan terakhir mengenai teknik menulis berita serta teknik reportase.  

Untuk struktur, kepemimpinan dipegang oleh seorang ketua yang dibantu oleh wakil ketu. Kemudian bendahara dan sekretaris yang masing-masing memiliki satu wakil.

Untuk memperlancar kerja organisasi, dibentuk 5 seksi. Di antaranya adalah sesi diklat, seksi lomba atau kegiatan, seksi dana, seksi media cetak, dan seksi komunitas penulis dan jurnalis pelajar yang terakhir yaitu seksi media online.

Tertarik untuk bergabung dengan komunitas penulis? Bergabunglah di penulispro.net.

Leave a Comment