Komunitas Penulis di Indonesia yang Hadir di Internet

Banyak komunitas penulis di Indonesia yang dapat diakses tiap orang. Mulai dari grup facebook hingga berbagai milis tersedia.

Komunitas penulis di Indonesia sudah tumbuh berkembang seperti jamur di musim hujan. Minat menulis yang tinggi di kalangan muda membuat banyak komunitas menulis lahir.

Mulai dari tingkat pelajar SMA hingga wadah komunitas terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat. Ada 2 macam komunitas penulis yaitu komunitas secara riil dan komunitas di dunia maya.

Komunitas Penulis di Indonesia yang Ada di Dunia Maya

Ada 4 macam wadah yang tersedia yaitu di facebook, blog, milis, forum. Untuk di Facebook banyak tersedia grup yang dapat mengakomodir kepenulisan, mulai dari Penulis Lepas, Klub Fiksi, Komunitas Penulis Indonesia, Sabda Penulis, dan lain sebagainya. Setiap wadah memiliki kekhususan tersendiri mulai dari kepenulisan cerita, fiksi, dan lain sebagainya.

Wadah kepenulisan yang ada di dunia maya selanjutnya yaitu blog. Ada beberapa komunitas penulis di Indonesia berupa blog yang disarankan yaitu sabda  teens, Kompasiana, Sabdaspace, dan lain sebagainya dimana setiap.

Setiap blog memiliki karakteristik khusus tergantung untuk sasaran yang akan diwadahi. Wadah blog ini biasanya diisi oleh para jurnalis warga (citizen jurnalisme).

Forum dan Milis, Komunitas Penulis di Indonesia

Milis di sini, mengakomodir lebih beragam lagi, mulai dari yang membahas mengenai buku-buku best seller, seputar dunia kepenulisan, komunitas penulis, penulisan, pengeditan serta penerbitan novel fiksi. Pembahasan melalui milis jauh lebih mendalam dibanding sebelumnya.

Selanjutnya yaitu forum kepenulisan yang terdapat di website yang banyak tersebar di internet. Forum-forum di internet juga terdapat di dunia riil.

Misalnya Forum Lingkar Pena yang beralamat di forumlingkarpena.net, juga terdapat di dunia riil yang tersebar di seluruh Indonesia. Dimana komunitas penulis di Indonesia ini memiliki anggota lebih dari 10 ribu orang.

Demikianlah ulasan mengenai komunitas penulis di Indonesia. Temukan informasi menarik lainnya di penulispro.net.

Leave a Comment