Komunitas penulis di Jakarta paling fenomenal, Forum Lingkar Pena. Dengan keanggotaan lebih dari 10 ribu anggota.

Komunitas penulis di Jakarta mulai menjamur dengan komunitas menulis. Salah satu yang paling fenomenal yaitu Forum Lingkar Pena. Komunitas yang lahir pada tahun 1997, dan mulai merambah ke seluruh wilayah Indonesia.

Didirikan oleh Helvy Tiana Rosa, dengan visi memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui tulisan. Forum Lingkar Pena sendiri memiliki motto ‘Berbakti, Berkarya, Berarti’.

Komunitas Penulis di Jakarta yang Jadi Nasional

Forum Lingkar Pena pada hari ini memiliki lebih dari 10 ribu anggota yang telah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Sedangkan di luar negeri sendiri memiliki 10 wilayah, lebih lengkapnya bisa dikunjungi di forumlingkarpena.net.

Dalam websitenya tersedia berbagai informasi yang dapat diakses mulai dari cabang wilayah hingga buku yang diterbitkan. Untuk buku sendiri lebih dari 2 juta buku yang sudah diterbitkan.

Untuk mengembangkan anggotanya, diadakan workshop dan diskusi yang menghadirkan pembicara dari luar, mulai dari jurnalis, penulis buku, sastrawan, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk pengembangan hasil kepenulisan, komunitas penulis di Jakarta ini bekerjasama dengan berbagai penerbit buku untuk mengakomodir karya dari para penulis.

Berbagai Karya Komunitas Penulis di Jakarta

Tahukah anda jika novel Ayat-ayat Cinta yang sangat fenomenal itu lahir dari anggota Forum Lingkar Pena. Novel Habiburrahman El Shirazy ini dicetak lebih dari tiga puluh kali, sehingga mampu mengalahkan buku terlaris. Yang kemudian novel tersebut diadaptasi menjadi film yang tidak kalah fenomenalnya dibanding versi novel.

Karya-karya lain yang tidak kalah fenomenal dari novel dan film Ayat-ayat Cinta yaitu Emak Ingin Naik Haji karya dari Asma Nadia. Sedang karya dari anggota komunitas penulis di Jakarta yang lain yaitu Rumah Tanpa Jendela.

Selain Forum Lingkar Pena, masih ada banyak komunitas penulis lainnya. Penulipro.net bisa menjadi salah satu referensinya.