Komunitas penulis indie adalah suatu kelompok yang melakukan pembuatan karya tulis. Mulai dari proses pembuatan sampai pemasaran yang dilakukan oleh komunitas tersebut.

Komunitas penulis indie sudah merebah banyak ke berbagai daerah di indonesia. Seiring berjalanya waktu banyak penulis baru yang berdatangan untuk memberikan nuansa segar dan baru bagi para pembacanya.

Penulis indie merupakan jenis penulis yang memiliki sifat seperti halnya seorang seniman. Karena penulis indie mampu memproses sebuah produksi buku mulai dari pembuatannya sampai diterbitkan.

Mengetahui Peranan Komunitas Penulis Indie

Penulis indie banyak memberikan sebuah apresiasi dengan sebuah feadback yang patut diacungi jempol karena mampu bersaing dengan para penulis yang dibantu dengan para penerbit ternama. Terbukti bahwa beberapa dari mereka mampu tembus dari target pemasaran dan buku yang dimiliki mendapatkan peringkat best seller.

Karya dari penulis indie jelas berbeda dengan karya penulis pada umumnya. Karena kualitas dan isi buku sama uniknya dengan cover buku yang  dijadikan sebagai sampul sebuah buku.

Karya besar yang didapat dari komunitas penulis indie ialah memulai sebuah proses pembuatan sampai pemasaran yang dikerjakan sendiri. Bisa dibayangkan jika kita selaku penulis indie, tentu kita memiliki kuasa penuh atas diri kita terhadap karya tulis yang kita miliki.

Kita bisa menggunakan karya macam apa saja, dengan membuat jenis dengan cover yang kita suka. Intinya semua merupakan hasil dari karya kita secara keseluruhan asalkan tidak menyalahi sebuah aturan.

Belajar dari Komunitas Penulis Indie

Jika kita mengetahui alur proses dari karya penulis indie, tentu kita bisa mengambil pembelajaran dari mereka. Penulis indie merangkap semua jenis kebutuhan mulai dengan membuat naskah seperti kumpulan cerpen, puisi, biography, novel, dan artikel.

Penulis indie juga mampu membuat tampilan buku dari cover untuk sampulnya. Sehingga dapat dipastikan perbedaan karya dari penerbit atau karya dari hati seorang penulis indie.

Untuk strategi pemasaran yang dilakukan penulis indie cukup kreatif karena mereka memanfaatkan jejaring sosial untuk pasaranya dan menggunakan strategi pemasaran yang berbeda. Kemandirian adalah karakter dari komunitas penulis indie.

Tertarik menjadi penulis indie? Temukan informasi selengkapnya di penulispro.net.