Lingkar Pena Depok adalah Komunitas penulis Depok. Mewadahi para penulis yang tertarik terjun ke dunia kepenulisan.

Komunitas penulis Depok yang paling dikenal dan berkembang yaitu Forum Lingkat Pena Depok. Dibentuk pada tahun 2000 dibawah koordinasi Forum Lingkar Pena wilayah Jakarta Raya.

Pada mulanya keanggotaan Forum Lingkar Pena Depok terdiri atas ibu-ibu dan perempuan saja. Sehingga kegiatan dilakukan di sela kesibukan kesehariannya.

Karya Forum Lingkar Pena, Komunitas Penulis Depok  

Karya dari awal Forum Lingkar Pena Depok yaitu terbitnya kumpulan cerpen ‘Surga yang Membisu’, yang terbit pada tahun 2003. Pada hari ini, Forum Lingkar Pena Depok diisi oleh pemuda dan mahasiswa.

Kemudian pada tahun 2011, lahirlah Taman Baca Masyarakat (TBM) yang bernama TBM Rumah Cahaya. Tujuan komunitas penulis Depok ini yaitu untuk meningkatkan minat baca di masyarakat.

Untuk mendukung TBM Rumah Cahaya  dilaksanakan kegiatan pengkaderan Forum Lingkar Pena. Ada juga kegiatan dongeng bulanan yang dilaksanakan pada minggu pertama tiap bulannya, serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Lebih Jauh Mengenai Forum Lingkar Pena, Komunitas Penulis Depok

Sampai hari ini telah beberapa kali Forum Lingkar Pena berganti kepengurusan. Awal mulanya digerakan oleh Sarah Handayani serta Pipiet Senja, yang karena aktivitas yang tinggi kepemimpinan FLP Depok diserahkan pada Dina Mardiana.

Pemimpin selanjutnya yaitu Laura Aryestyanti P. Karena kesibukan sebagai reporter menyerahkan kepemimpinan kepada Koko Nata Kusuma, mantan pengurus FLP wilayah Sumatera Selatan.

Pembenahan secara administratif dilakukan pada tahun 2005, pasca musyawarah nasional FLP pada akhir Februari. Untuk musyawarah di tingkat FLP Depok digelar pada tanggal 22 april 2005. 

Hasilnya terpilih Koko Nata Kusuma yang kemudian digantikan oleh Trimanto dan Ayurisya Dominata. Mulai tahun 2011 hingga kini ketua komunitas penulis Depok dipegang oleh Pekik Bayumukti Utomo.

Ingin tahu lebih jauh seputar penulisan? Kunjungilah website penulispro.net.