Orang Indonesia Hobi Belanja Online, Why?

Perkembangan teknologi yang semakin pesat berdampak pada perilaku konsumen di seluruh penjuru dunia, termasuk juda dalam melakukan transaksi komersil. Berdasarkan sebuah riset pada 2013 lalu, di Asia-Pasifik dalam 12 bulan terakhir, mulai hobi berbelanja barang dan jasa secara online, yiatu sebesar 70 persen. Angka ini kalah tipis dari responden yang melakukan pembelian secara langsung, yaitu sebesar 73 persen.

Sementara itu, di negara kita Indonesia pun memperlihatkan kecenderungan yang sama dengan jumlah total pemakai internet sebesar 63 juta atau seperempat dari populasi. Pertanyaannya sekarang adalah mengapa orang Indonesia hobi berbelanja online?

Kenapa Orang RI Hobi Belanja Online?

Pertumbuhan pemakai internet sebagai sarana untuk bertransaki belanja onlinekian pesat di Indonesia. Tapi, pertumbuhan ini tak dibarengi dengan pertumbuhan pembayaran transaksi elektronik memakai uang digital atau kartu kredit.

Berdasarkan sebuah keterangan resmi dari sumber yang terpercaya, sebuah riset yang dijalankan oleh MasterCard Online Shopping Behavior Study memperlihatkan bahwa sistem konvensional seperti uang tunai tetap masih merajai sistem pembayaran transaksi belanja online di Indonesia. Kuarang lebih sekitar 37,9% masih memanfaatkan pembayaran secara tunai, sedangkan transfer tunai antarbank sebanyak 27,5%.

3 Faktor Utama

Sebuah riset yang dilakukan di 14 negara Asia Fasifik memaparkan bahwa terdapat tiga faktor utama yang membuat para konsumen lebih memilih melakukan transaksi belanja secara online. Sekitar 83,9% orang Indonesia lebih memilih berbelanja online alasannya karena di dalamya ada penawaran yang sangat menarik. Penawaran yang menarik ini biasanya berupa diskon harga, pembebasan ongkos kirim dari penjual, dan adanya undian berhadiah.

Selain faktor tersebut, ada juga faktor pendukung eksternal, yaitu biaya untuk mengganti tenaga, BBM yang habis karena terjebak macet, waktu yang habis saat berkeliling, dan lain sebagainya. Keadaan ini relatif cenderung cukup tinggi dibanding dengan sumber daya yang diperlukan ketika hanya duduk untuk melakukan transaksi berbelanja online.

Dengan didukung infrastruktur jaringan yang cukup kuat dan kemintraan dengan bank-bank lain di Indonesia, MasterCard selalu berupaya membuat solusi pembayaran eletronik yang aman, nyaman, dan cepat. Dengan begitu, efisiensi dan keefektifan yang ditawarkan oleh online shopping bisa dirasakan konsumen di Indonesia sekaligus berkontribusi terhadap sebuah program dari Bank Indonesia, yaitu Less cash Society.

Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja online!

2 thoughts on “Orang Indonesia Hobi Belanja Online, Why?”

Leave a Comment