Alangkah dahsyatnya penciptaan bumi oleh Allah Swt. Sebagai manusia, kita semua tak bisa berkata-kata apa pun, kecuali ucapan subhanallah, Allah Swt menciptakan alam semesta beserta semua yang ada di atasnya sedemikian memesona dan indah, sehingga manusia bisa hidup di atasnya dengan damai dan tenang.

Begitu juga dengan laut dan samudera yang sangat luas mempunyai rahasia dan telah dijelaskan di dalam Al-Quran sejak belasan abad lalu. Lalu, bagaimana pendapat para ilmuwan setelah berhasil melakukan penelitian ilmiah tentang laut dan samudera?

Penjelasan Al-Quran Surat An-Nur Ayat 40

Dalam Al-Quran Surat An-Nur ayat 40, Allah Swt mengatakan kepada kita tentang sikap dan juga pengingkaran kaum kafir terhadap ayat-ayat Allah Swt, pertemuannya di hari kiamat, dan pembangkangan mereka terhadap Rasul Allah. Perbuatan yang dilakukan oleh mereka diibaratkan seperti mengejar sesuatu yang sifatnya fatamorgana dengan sangat terengah-engah di belakangnya.

Bila tak berhasil menggapai tempat yang dituju tersebut, mereka tak akan memperoleh apa pun dan mereka pun menganggap apa yang dilakukan hanyalah sia-sia. Perumpamaan kaum kafir ini diumpamakan bagai manusia hidup di dalam kegelapan laut yang dalam dan hampir tak melihat sesuatu apa pun karena gelap gulita.

Seorang ulama tafsir terkenal, Iman Al-Qurthubi, menjelaskan bahwa di samudera yang sangat dalam, tak terjangkau dasarnya yang diliputi ombak, dan di atasnya yaitu di atas ombak tersebut, masih terdapat ombak lagi, sehingga ombak bertumpuk-tumpuk. Di bagian atas ombak yang bertumpuk-tumpuk ini, terdapat awan gelap menutup cahaya yang menyinari langit. Hal ini sama dengan apa yang dinyatakan oleh para ahli kelautan beberapa waktu lalu.

Fakta Ilmiah

saat mengarungi lautan samudera yang sangat dalam, para ahli kelautan menyimpulkan bahwa di dalam samudera yang dalam tersebut diliputi kegelapan. Karena begitu gelapnya, manusia pun sampai-sampai tak bisa melihat sesuatu apa pun. Kegelapan ini makin menjadi-jadi saat ombak dan gelombang menerpa bertubi-tubi, terlebih lagi bila awan tebal yang hitam menyelimuti angkasa.

Selain itu, para ahli kelautan ini pun mengatakan bahwa dalam laut yang dalam tersebut ditemukan ombak yang bertumpuk-tumpuk. Tak mungkin seorang penyelam melihatnya kecuali menyelam sampai 100 meter kedalaman laut. Ombak yang ditemukan di dalam lautan ini jauh lebih besar daripada ombak yang ada di permukaan laut. Subhanallah.

Sisi Ilmiah Mukjizat Al-Quran

Dalam Al-Quran Suat An-Nur ayat 40, terdapat dua hal yang sesuai dengan penemuan ilmiah para ahli kelautan tersebut, yaitu sebagai berikut.

  1. Tentang laut yang dalam dan gelap baru terungkap baru-baru ini oleh para ahli kelautan.
  2. Adanya ombak serta gelombang di dalam laut yang bertumpuk.

Kini, terbukti sudah kebenaran yang dikatakan Allah Swt dalam ayat tersebut. Maha besar Allah dengan segala firman-Nya.