Coba tebak, saat usia kamu menginjak 27 tahun kira-kira rawan apa ya? Bukan! Bukan rawan ditanya menikah kapan, tapi rawan akan gangguan kesehatan. Iya tahu deh yang belum menikah pada usia 27 tahun ke atas pasti akan langsung tertuju kearah itu tapi yang akan dibahas di sini adalah tentang gangguan kesehatan.

Para peneliti telah mendapati bahwa mental seorang manusia itu sudah sampai puncaknya di usia 22 tahun. Lima tahun kemudian atau saat usia kamu 27 tahun itu artinya mental akan melemah. Namun ada terapi didesain dengan tujuan mencegah penuaan yang harusnya diberikan dari awal bukan saat usia sudah terlalu tua.

Penelitian sudah dilakukan dengan menggunakan 2000 orang cowok dan cewek selama tujuh tahun. Lalu responden yng usianya dari 18 tahun sampai 60 tahun harus disuruh memecahkan teka-teki visual dengan mengamati pola atau mengingat kata-kata.

Terus penelitian dari  Universitas Virginia melihat ada sembilan dari dua belas tes yang menunjukkan kalau performa paling tinggi adalah pada orang usia 22 tahun. Dan usia pertama yang mulai melalui penurunan performa adalah pada umur 27 tahun. Tes yang dilakukan antara lain kecepatan dalam berpikir, pengamatan visual, dan kemampuan memahami. Rata-rata penurunan terjadi saat usia 37 tahun dan paling buruk pada 42 tahun.

Bangsa Eropa mempercayai mitos bahwa orang-orang akan sampai kepada masa kejayaan hidupnya saat mereka 27 tahun. Nah, kalau sudah lebih dari usia itu belum sama sekali mencapai masa kejayaan maka kemungkinan dia untuk sukses di atas 27 tahun sangat kecil.

Selain mengenai kesehatan, umur segini memiliki konotasi yang negatif sejak lama. Sebab banyak musisi terkenal yang meninggal di usia 27 tahun contohnya Jimi Henrix, Brian Jones, Jim Morrison, Janis Joplin, juga Kurt Cobain.

Di Indonesia kematian saat berusia 27 tahun jadi popular dari tahun 60-an. Contohnya saja Soe Hok Gie yang ingin mati muda, dia juga pernah mengutip kata-kata dari filsuf Yunani yang bilang kalau nasib paling baik itu saat tidak dilahirkan, sementara yang kedua adalah mati muda. Saat yang paling sial adalah masa tua jadi menurutnya akan berbahagia semua orang yang mati saat masih muda. Akhirnya apa yang diinginkan Gie terlaksana, dia meninggal saat usianya -1 hari menuju 27 tahun.

Ayo kamu yang sudah berumur 27 tahun takut gak dengan “ancaman” dari usia ini? Ya, kamu boleh percaya atau tidak dengan penelitian itu tapi ya hati-hati saja dengan kemungkinan yang terjadi karena umur segitu kamu bisa dibilang sudah tua dari segi kondisi fisik.

Tapi terlalu percaya filsuf Yunani itu ya, percaya saja bahwa kehidupan tua kamu nanti akan bahagia sama kayak waktu kamu masih muda.