Rumah sejatinya merupakan tempat berlindung dari berbagai kendala yang bisa memberikan kenyamanan. Banyak orang rela merogoh koceknya untuk merenovasi rumah hingga ratusan juta atau bahkan miliaran. Semua itu dilakukan guna memberikan kenyamanan terhadap pemilik atau bahkan orang yang bertamu ke sana.

Hal itu memang sudah sepantasnya dilakukan kalau memang kamu mampu untuk melakukannya. Rumah sendiri merupakan investasi jangkap panjang yang akan berguna suatu saat nanti. Seperti halnya investasi memang akan teras di masa yang akan datang. Kamu tidak akan pernah rugi jika menyulap rumah menjadi senyaman mungkin. Hal itu tentu akan memberikan nilai tambah untuk orang yang tinggal di dalamnya.

Namun tahukah kamu bahwa tempat ternyaman yang namanya rumah bisa memberikan ancaman yang besar? Hal itu memang tidak pernah kita sadari karena kamu bisa jadi terlalu menyepelekan semua itu. Padahal jika ditelisik lebih mendalam, ancaman tersebut bisa membahayakan orang di dalamnya, termasuk kamu.

Tengoklah ulasannya dalam artikel berikut ini seperti yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

• Kamar mandi

Ancaman Terbesar Ini Ada di Rumah Kamu 1

Kamar mandi merupakan tempat yang dilakukan untuk banyak aktivitas, tidak hanya mandi. Kegiatan lainnya, seperti mencuci, buang air, dan masih banyak lagi kerap dilakukan di kamar mandi. Selain itu, ketika ada orang lain yang sedang bertamu hampir dipastikan satu atau dua kali akan mampir ke kamar mandi.

Maka dari itu, tidak heran jika kamar mandi merupakan salah satu tempat yang paling jijik di rumah kamu. Hal itu terlepas dari kamu rajin membersihkan atau tidak, bakteri yang mendiami kamar mandi akan sulit diberantas. Bakteri yang menyenangi area jijik atau lembap memang tidak bisa terhindarkan dari segala sudut di kamar mandi. Ada risiko yang bisa membuat kamu atau orang sekitar yang akan terkena ancaman dari bakteri tersebut.

Alangkah baiknya untuk memberikan perhatian yang lebih dalam menata kamar mandi ini. Karena bagaimanapun kamu tentu ingin mendapatkan kenyamanan selama berada di sana. Selain itu, keluarga juga patut dilindungi selama berada di ruangan yang penuh dengan privasi ini.

• Mouse

Ancaman Terbesar Ini Ada di Rumah Kamu 3

Bagi kamu yang mempunyai komputer atau laptop di rumah, berhati hatilah. Bukan karena perangkat tersebut yang akan mengancam kamu, melainkan penggunaan mouse yang sudah satu paket dengan komputer dan laptop tersebut.

Mouse merupakan perangkat yang difungsikan untuk mengendalikan kursor dalam komputer atau laptop. Pengendalian tersebut dilakukan olah tangan. Seperti kita tahu bahwa tangan merupakan sumber yang paling besar dari banyaknya bakteri. Dalam mouse yang berada di warnet saja sudah dihuni sebanyak 690 koloni bakteri. Jika seperempatnya berada di dalam mouse rumah kamu, tentu itu masih bisa dikatakan berbahaya.

Ketika mengoperasikan komputer atau laptop, jangan membiasakan untuk mengambil makanan dengan tangan langsung. Gunakanlah sendok atau garpu untuk mengambil makanan tersebut. Jika dengan tangan maka bakteri yang berada dalam mouse tersebut akan berpindah ke dalam perut. Hal itu tentu akan memiliki dampak yang tidak bagus untuk kesehatan kamu di masa mendatang.

• Gagang pintu

Ancaman Terbesar Ini Ada di Rumah Kamu 4

Setiap rumah selalu dilengkapi dengan pintu karena mustahil jika rumah tidak memiliki pintu. Pintu sendiri difungsikan untuk keluar atau masuk kamu dan orang sekitar. Setiap pintu pula selalu dilengkapi dengan gagangnya. Gagang pintu sendiri berfungsi untuk membuka atau menutup pintu tersebut.

Gagang pintu yang dioperasikan oleh tangan sanga rentan memiliki jutaan bakteri. Selain itu, risiko juga datang ketika gagang pintu dipegang oleh tangan orang lain, baik itu keluarga, tetangga, atau teman. Semau itu tidak kamu sadari bahwa tangan mereka penuh dengan bakteri karena telah beraktivtas di luar ruangan.

Bisa dibayangkan bagaimana bakteri yang banyak itu hingga di tangan kamu. Jika tidak rajin mencuci tangan setelah memegang gagang pintu, bukan tidak mungkin kamu akan terkena gangguan penyakit, seperti diare atau mual.

• Closet

Ancaman Terbesar Ini Ada di Rumah Kamu 5

Saat ini banyak rumah yang menggunakan closet dengan tipe duduk, meskipun masih banyak juga yang masih menggunakan closet jongkok. Ternyata closet duduk merupakan sumber bakteri yang cukup banyak. Bakteri tersebut bersumber dari kamu yang sedang buang air. Ketika buang air itulah, banyak bakteri yang menempel di sana sini. Terlebih dalam dudukan closetnya.

Dudukan closet tersebut tentu bukan hanya dipakai oleh kamu seorang, bukan? Bisa dari banyak orang. Bisa dibayangkan jika banyak orang yang banyak bakteri duduk di closet tersebut, berapa banyak bakteri yang berada di sana.

Selain itu, tempat lainnya di sekitar closet duduk yang menjadi sumber bakteri ialah tombol pembuangan air. Ketika banyak tangan melakukan penyiraman dengan tombol tersebut, akan ada berapa banyak bakteri yang mendiami tombol tersebut? Jika closet duduk terdapat tutup closetnya, gunakanlah tutup tersebut untuk selalu tertutup. Karena ada kemungkinan bakteri yang berada di sana melompat dan pindah ke tempat yang lainnya.

• Remote control

Ancaman Terbesar Ini Ada di Rumah Kamu 6

Ketika kamu sedang santai di rumah, ada kalanya menonton merupakan aktivitas yang rutin dilakukan. Ada banyak channel yang bisa ditonton, juga dengan ratusan channel luar negeri yang bisa memanjakan acara menonton kamu. Namun tanpa kamu sadari akan memegang remote control untuk kemudian memindahkan channel. Di sanalah bakteri bersarang.

Remote control merupakan benda yang banyak dihuni oleh bakteri. Lagi-lagi tanganlah yang menjadi sumber utamanya dalam mengundang bakteri tersebut. Ketika ada banyak tangan yang memegang remote control tersebut maka bakteri dari tangan-tangan tersebut akan berpindah. Kamu juga dapat lupa ketika tangan setelah memegang remote control, kemudian mengambil camilan. Bukan tidak mungkin bakteri tersebut berpindah ke camilan dan masuk ke perut. Ancaman yang besar akan menanti kamu.

• Sikat gigi

Ancaman Terbesar Ini Ada di Rumah Kamu 2

Mendengar sikat gigi yang merupakan tempat berkumpulnya kuman, tentu itu tidak kamu percaya, bukan? Namun faktanya adalah demikian. Dari mana asalnya kuman tersebut? Sudah tidak salah lagi bahwa semua itu bersumber dari mulut dan gigi yang dibersihkan menggunakan sikat gigi.

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Universitas Manchester, Inggris, setidaknya 100 juta bakteri akan berkumpul di sana. Bahkan di dalamnya termasuk dengan bakteri E. Coli yang bisa membuat perut kamu bermasalah.

Ketika sikat gigi yang telah dipakai membersihkan mulut serta gigi tidak dibilas, itu akan menjadi jalan bagi bakteri untuk lama berdiam di sana. Selain itu, didukung pula dengan kehadiran sikat gigi yang dimiliki oleh anggota keluarga kamu. Bisa dibayangkan ada berapa banyak bakteri yang berkumpul di tempat menyimpan sikat gigi tersebut?

Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan agar meminimalkan bakteri pindah ke diri kamu. Pertama, selalu membilas sikat gigi setelah dipakai. Kedua, jangan pernah menggunakan sikat gigi orang lain. Ketiga, usahakan sikat gigi dalam kondisi kering. Keempat, rajinlah mengganti sikat gigi minimal tiga bulan sekali.

Tidak heran memang jika rumah yang tadinya akan menjadi tempat ternyaman kamu, ternyata malah menjadi sarang bakteri. Untuk menghindarkan dari semua bakteri itu, ternyata tidak hanya rajin membersihkan saja. Akan tetapi, harus dibutuhkan perhatian yang khusus karena ini berhubungan diri kamu sendiri. Jadi, mulailah untuk bisa hidup sehat.