Indonesia kaya beragam makanan yang khas. Kita sama-sama tahu mengenai hal itu. Di antara sekian banyak makanan khas Indonesia, ada beberapa yang unik. Baik dari bahan makanan yang digunakan, cara memasak atau cara menyantapnya.

Banyaknya rempah-rempah dan bahan makanan, ditambah kreativitas masyarakat Indonesia, tidak heran jika negeri ini memiliki banyak makanan unik. Makanan-makanan tersebut, sudah selayaknya dilestarikan karena menjadi salah satu bagian dari budaya Indonesia.

Di antara makanan-makanan unik ini, manakah yang menjadi kesukaanmu? Atau manakah yang membuatmu penasaran?

1. Botok Tawon

botok tawon

Botok yang umum dikonsumsi terbuat dari daun singkong, ikan teri dan parutan kelapa, tapi botok yang satu ini benar-benar berbeda. Botok tawon. Berdasarkan namanya, kamu pasti bisa menebak asal dari makanan unik ini. Benar, botok tawon berasal dari daerah Jawa, tepatnya Jawa Timur.

Pada dasarnya, bumbu yang digunakan untuk membuat botok tawon ini tidak jauh berbeda dengan botok-botok biasa, yang membedakan adalah bahan utama pembuatannya. Yaitu, sarang tawon atau sarang lebah. Bisa membayangkan, sarang lebah dimakan?! Ew. Krenyes-krenyes berair.

Tapi, jangan salah! Rasa dari botok tawon ini cukup lezat. Sarang tawon yang diolah menjadi botok tawon, sebelumnya tentu sudah melewati berbagai proses pembersihan, sehingga aman untuk dikonsumsi. Ketika mengonsumsinya, siap-siap mendapatkan kejutan berupa tawon atau anak-anak tawon di dalamnya.

2. Rujak Cingur

rujak cingur

Rujak cingur memang sudah sering terdengar. Nama makanan ini tidak lagi asing. Kamu mungkin salah satu yang ketagihan. Cingur, adalah moncong sapi dalam bahasa Indonesia. Cingur sapi diolah sedemikian rupa sehingga, bagian dari sapi yang tampak menjijikan itu dapat dinikmati tanpa ada perasaan jijik.

Cingur sebelumnya direbus hingga matang. Dibersihkan dari bulu-bulu. Lalu dihidangkan bersama buah-buahan seperti mangga, bengkuang, nanas. Selain itu, bahan campuran yang ada di rujak cingur ini adalah lontong, tahu dan tempe, tauge, kangkung, dan kacang panjang.

Bumbu yang membuat makanan ini semakin menggoyang lidah terbuat dari petis udang, gula merah, cabai, garam dan gula yang diuleg menjadi satu.
Bagi sebagian orang, makanan ini masih terasa menjijikan. Tapi, coba saja, rasanya akan membuatmu ketagihan.

3. Ampo

Ampo

Kamu yang tinggal di daerah Tuban, pasti tidak aneh dengan kudapan yang satu ini. Ampo adalah cemilan dari tanah liat. Terbuat benar-benar dari tanah liat dan air yang diasap dalam waktu 4 jam.

Tanah liat yang digunakan untuk membuat Ampo tentu saja gak sembarangan. Yang dipilih adalah tanah liat dengan tekstur yang halus tanpa kerikil. Tanah liat ini dijadikan adonan hingga menjadi kalis dan tidak lengket di tangan.

Tanah liat yang sudah kering ini kemudian diserut hingga membentuk seperti chocolate roll dan siap disantap. Rasanya?! Tawar dengan sedikit manis. Ah. Coba saja!

4. Ulat Sagu

Ulat sagu

Sagu merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia Timur. Bagaimana dengan ulat sagu?! Makanan unik ini benar-benar berupa ulat sagu. Ulat sagu yang masih hidup. Menggeliat di antara tanaman sagu.

Cara menyantapnya juga luar biasa ekstrem. Kamu langsung memasukkan ulat sagu ke dalam mulut lalu menguyahnya. Hmmm. Atau, jika kamu bisa mengolahnya seperti sate. Sate ulat sagu.

5. Belalang Goreng

belalang goreng

Cemilan dari belalang, banyak dikonsumsi oleh masyarakat yang tinggal di sekitar persawahan. Jenis belalang yang digoreng cukup besar. Belalang ini diolah menggunakan bumbu-bumbu; yang akan membuatnya menjadi lebih lezat.

6. Olahan Tikus

Tikus bakar

Di Manado, kamu akan dengan mudah menemukan olahan-olahan dari binatang ini. Tikus yang digunakan untuk membuat tikus panggang atau sup tikus bukan tikus sembaranga. Adalah tikus hutan dengan ekor putih. Bukan tikus-tikus got yang ada di kota besar.

Untuk meyakinkan pembeli, bahwa yang dibeli adalah tikus hutan, buntut tikus sengaja tidak dibuang. Makanya, kamu jangan heran kalau tikus-tikus yang dijual masih dalam bentuk utuh. Mengerikan?! Ya. Sekaligus unik dan menarik!

6. Tikus, Anjing, Kelelawar, Ular Python Bakar

kelelawar bakar

Aneka makanan unik ini bisa kamu temui, juga, di Manado. Tepatnya di Pasar Tomohon! Wuih! Mengunjungi pasar ini, adrenalin kamu, khususnya yang belum terbiasa, akan terpancing! Ah. Selamat menikmati!

Makanan-makanan di atas, memang cukup mengerikan bagi sebagian orang. Tapi di balik itu semua, makanan-makanan tersebut juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dunia kuliner Indonesia. Urusan mau mencobanya atau tidak, terserah kamu! Selamat berkeringat!