Apa sih yang kalian pikirin sama orang yang pendiam? Mungkin banyak orang yang bakalan kesel dan susah menerima keadaan mereka kan? Gimana enggak, orang pendiam biasanya kan di cap membosankan karena gak bisa ngobrol dan pastinya keliatan canggung kalau di ajak ngobrol. Eits walau memang biasanya mereka kayak gitu tapi ada hal-hal yang harus kalian ketahui dari mereka. Walau emang sulit tapi kalian harus tahu gimana sebenarnya mereka . Langsung aja baca artikel ini buat mengenal lebih jauh tentang mereka!

Bukan Berarti Gak Bisa Cerewet

Ngobrol

Gak semua orang pendiam itu akan selamanya diam loh. Maksudnya gini, pendiam itu ada tingkatannya, ada yang ekstra pendiam, yaitu orang yang bener-bener calm dan gak pernah ngomong sekali kecuali yang penting. Ada juga yang pendiam standar alias mereka akan jadi orang yang aktif kalau lingkungan sekitarnya ngebuat mereka nyaman.
Kebanyakan orang yang pendiam adalah orang yang kurang bisa beradaptasi dengan lingkungannya, biasanya karena mereka pemalu.

Shy People

Nah, karena itu lah mereka jadi diam aja kalau ada di dekat orang yang tidak terlalu dekat dengan mereka. Inilah hal penting yang harus diketahui oleh kalian yang tidak pendiam.

Chatting

Kalian yang gak punya sifat ini lebih beruntung karena bisa ngobrolin apa aja sesuka kalian tanpa perlu berpikir dan malu buat ngomong hal itu. Beda dengan yang pemalu, seringnya di hati mereka tuh tersimpan ketakutan akan beberapa hal. Seharusnya kalian yang lebih cerewet dari si pendiam ini bisa “ngerangkul” mereka supaya mereka gak merasa malu dan tetap percaya diri. Harusnya kalian berani buat ngajak ngobrol mereka duluan, biasanya dengan begitu rasa gak percaya diri si pendiam ini bisa jadi ilang loh.

Coba deh kalian duluan yang ngelakuin pendekatan sama mereka. Kalau kalian selalu ada di samping mereka nanti mereka juga bakalan “luluh” sendiri deh. Mereka pasti bakalan lebih aktif lagi ngajak kalian ngobrol kalau udah nyaman sama lingkungan dan orang di sekitarnya.

Gak Sombong

Gak Sombong

Selain di cap gak nyenengin karena jarang banget ngobrol, bahkan gak pernah ngomong, biasanya mereka juga dikiranya sombong. Ya bener juga sih pikiran orang-orang yang pikir mereka sombong, kan mereka jarang bahkan gak pernah ngajak ngobrol duluan orang lain kan?

Tapi itu sebenernya gak gitu kali. Kalau misalnya kamu ketemu sama orang pendiam dan dia gak nyapa kamu itu karena mereka malu. Sekali lagi mereka malu. Gimana bisa coba dia nyapa orang kalau dianya malu. Sama aja kalau kalian disuruh nari-nari kayak orang gila di tengah jalan, kalau kalian malu pastinya kalian gak mau ngelakuinnya kan?

Pemalu

Malunya orang pendiam itu beda sama orang “normal”. Kalau orang “normal” malu itu sama hal-hal yang gak lazim buat dilakuin, orang pendiam malu sama hal-hal yang seharusnya gak perlu untuk “di-maluin”. Jadi emang susah sih kalau udah pendiam, kayaknya butuh banget terapi deh buat bisa ngilanginnya.

Just Shy

Tapi kalian jangan nganggap orang pendiam itu sombong lagi ya kalau kalian udah baca artikel ini. Harusnya kalian yang lebih aktif dari mereka, beraniin diri kalian buat tegur mereka duluan karena gak mungkin kalau kalau mereka ditegur atau disapa mereka bakal cuek. Percaya deh mereka tuh gak sombong kok.

Terlalu Memendam Perasaan

Memendam Perasaan

Biasanya orang pemalu dan pendiam itu gak berani buat ngeluarin uneg-uneg yang ada di dirinya. Mereka tuh gak berani kalau harus nangis atau marah di depan orang lain. Makanya mereka suka pendam sendiri, suka nangis sendiri dan nyimpen marah di dalam hati. Tapi kalian jangan takut ya dengan kata “menyimpan marah”.

Bukan berarti dengana kayak gitu mereka pendendam loh tapi mereka nyimpen marah itu karena takut orang lain gak bakal terima mereka. Mereka takut kalau dia jadi dicuekin sama orang yang dia marahin, dan dia pasti selalu kepikiran hal itu. Mereka gak bisa ngucapinnya jadi selalu jadi beban pikiran.

Sahabatan Sama Mereka Yuk!

Introvert

Kayak yang udah dibilang tadi, orang pendiam akan lebih aktif kalau ada di lingkungan yang nyaman. Nah, gitu juga sama temen deketnya. Orang pendiam akan berubah jadi orang yang nyenengin dan rame kalau udah sama temen deketnya. Makanya itulah yang dibutuhin sama mereka, temen. Itu kenapa di atas dibilang bahwa kalian tuh harus duluan ngajak mereka ngobrol dan deketin mereka. Nanti mereka bakalan mau deh banyak ngobrol sama kalian.

Ya, orang pendiam cenderung akan lebih bersemangat dan banyak ngobrol kalau lagi bareng sama temen deketnya. Tapi emang sih masih ada aja rasa nggak percaya diri atau malu buat nyampain beberapa hal, misalnya tentang uneg-uneg. Walau si pendiam ini lebih aktif dan banyak bicara sama temennya, dia masih aja menyembunyikan beberapa hal yang ngebuatnya gak nyaman buat diceritain.

Introvert 2

Contohnya si pendiam ini akan jarang nunjukin sikap marahnya sama kalian bahkan gak pernah sama sekali. Biasanya mereka pendem sendiri dengan alasan takut kalau harus marahan sama kalian dia gak punya temen lagi karena temen mereka sedikit. Untuk masalah ini kalian yang harus lebih peka, kalau ada sesuatu yang aneh dari sahabat kalian itu kalian harus pikir pasti ada sesuatu yang gak beres. Misalnya biasanya dia ceria gitu sama kamu tapi tiba-tiba dia cuek atau keliatan manyun atau apa pun itu. Kamu harus nyamperin dia dan tanya ada hal apa yang mereka pendam.

Bisa kasih pertanyaan-pertanyaan kayak “Kamu kenapa sih?”, “Kamu marah sama aku?” atau apa pun pertanyaannya. Percaya deh dia bakalan jawab apa yang dia rasain terhadap kalian. Jadi jangan salah sangka dulu kalau mereka beda dari apa yang biasanya.

Punya Daya Khayal yang Tinggi

Imajinatif

Orang pendiam juga punya daya khayal yang tinggi, bahkan kadang kelewat freak. Sampai ada juga loh yang punya “teman khayalan”. Biasanya mereka kayak gitu tuh karena mereka kesepian, mereka pengen punya temen tapi susah dapetin karena mereka pendiam jadi orang-orang jarang ada yang mau ngedeketin mereka duluan. Takut mereka sombong lah, takut gak ditanggepin lah, dan segala macam.

Secret Friend

Tapi selain daya khayal yang aneh itu, ada juga loh imajinasi baik yang bisa lebih dari orang-orang yang gak pendiem. Kalau orang yang periang sih bakalan lebih menyampaikan secara langsung lewat ucapan, kalau orang pendiam biasanya berekspresinya ke hal-hal lain.

Karya Fotografer Pemalu

Banyak contoh orang-orang yang pendiam dan cenderung pemalu bisa sukses loh karena imajinasi mereka. Contohnya fotografer, mereka bisa nyampain apa yang ada dalam sudut pandang mereka lewat foto. Ada juga penulis, mereka bisa nulisin segala sesuatu yang gak bisa diucapin lewat mulut secara langsung jadi karya kayak novel, puisi, lirik lagu, juga hal lainnya.

Ya, itu dia pengetahuan yang harus kamu tau tentang orang pemalu. Cobalah kalian duluan yang menyapa mereka, ngajak mereka ngobrol kalau mereka diem aja. Jangan anggap mereka itu sombong atau membosankan ya! Mereka bisa jadi orang yang berbeda loh kalau ketemu sama hal yang dia sukai, jadi ayo jadi sahabat mereka!