Nikah itu impian semua orang. Iya kan? Kamu juga pasti pingin nikah dong? Sekarang penikahan itu bukan cuma jadi obrolan orang-orang dewasa, tapi juga anak muda. Buktinya, sekarang banyak orang yang nikah muda. Apa kamu juga udah kebelet nikah? Mending tonton dulu film genre komedi “AKU, KAU, dan KUA”, biar ada gambaran lebih jauh soal pernikahan.

Film “AKU, KAU, dan KUA”

film aku, kau, dan kua

Film “AKU, KAU, dan KUA” merupakan film besutan sutradara bertangan dingin Monty Tiwa. Dan sebenarnya, film ini diangkat dari sebuah buku yang best seller, yaitu “AKU, KAU, dan KUA”. Buku tersebut awalnya diadaptasi dari tweet-tweet yang ada di @TweetNikah. Isi bukunya tentang seluk beluk jenjang menuju pernikahan. Mulai dari persiapan nikah, resepsi, restu orang tua, mahar, pacaran, taaruf, dan obrolan lainnya. Ini nih yang bikin buku “AKU, KAU, dan KUA” most wanted.

buku aku, kamu, dan kua

Kalau bukunya udah enggak usah diomongin, laris manis deh. Nah, setelah baca-baca bukunya, pasti kamu udah ngebayangin kan gimana alur ceritanya dalam bentuk visual. Pasti lebih hidup deh ceritanya.

film komedi

Dan kabar gembiranya, sekarang rasa penasaran kamu sama jalan ceritanya akan terbayar lunas. Kok bisa? Ya soalnya, pas  11 September 2014 kemarin, digelar gala premier film “AKU, KAU, dan KUA”. Jadi, kamu udah bisa ditonton di bioskop-bioskop kesayangan kamu. Film ini bergenre komedi, tapi banyak nilai postitif yang bisa kita ambil. Jadi bisa dibilang, “AKU, KAU, dan KUA” bukan film yang kacangan.

Pemeran Film “AKU, KAU, dan KUA”

pemain

Nah, sebelum kita lanjut review jalan cerita film “AKU, KAU, dan KUA”, enggak asyik kalau belum tahu siapa aja pemerannya. Terus siapa aja sih yang berperan dalam film bergenre komedi ini?

Dalam film komedi tentang pernikahan ini bertaburan artis muda seperti Nina Zatulini, Eza Gionino, Eriska Rein, Deva Mahendra, Adipati Dolken, Karina Nadila, Bianca Liza, Fandy Christian, dan lain-lain. Keterlibatan artis-artis muda ini menjadi magnet tersendiri buat narik animo masyarakat. Kehadiran mereka membuat film “AKU, KAU, dan KUA” terlihat sangat fresh.

Selain artis-artis muda, film komedi ini juga melibatkan sineas kawakan, seperti Ira Wibowo, Tio Pakusadewo, Christian Sugiono, dan Dwi Sasono. Kehadiran dari para aktor dan aktris kawakan ini tentu saja membuat alur cerita film “AKU, KAU, dan KUA” terasa lebih hidup.

Semua pemain dalam film “AKU, KAU, dan KUA” ini memiliki porsi bermain yang sama. Jadi tidak ada yang lebih ditonjolkan. Semua pemain yang terlibat mempunyai peran penting.  Meskipun demikian, dalam film ini setiap pemain mempunyai karakter yang kuat. Penasaran kan gimana cerita? Yuk, kita lihat sinopsisnya!

Sinopsis Film “AKU, KAU, dan KUA

 

Di film ini diceritakan tentang kegagalan nikah Fira (Nina Zatulini) dengan Lando (Eza Gionino). Kegagalan pernikahan tersebut parahnya terjadi menjelang akad nikah. Apa yang membuat pernikahan keduanya gagal. Ternyata, sebelum akad berlangsung, Lando memberikan pengakuan yang sangat mengejutkan bahwa dia ternyata udah pernah tidur bareng sama cewek lain. Parah kan? Inilah yang buat Fira memutuskan pernikahan dan kabur.

nina eza

Namun saat kabur, Fira enggak sengaja tubrukan dengan Deon (Deva Mahendra) yang tak lain adalah sahabatnya. Entah apa alasannya, melihat Fira sedih, Deon justru melontarkan pengakuan yang mengejutkan. Ternyata selama ini Deon menyimpan perasaan lebih untuk Fira. Tapi Fira menolak.

fira deon

Fira salah paham atas pengakuan Deon. Ungkapan hati itu Deon utarakan bukan untuk menjadikan Fira pacar, melainkan istri. Deon mengajak Fira untuk bertaaruf. Ya, taaruf adalah tahapan sebelum menikah dalam islam. Karena memang dalam Islam tidak mengenal istilah pacaran.

uci dan fira

Awalnya Fira ragu akan proses taaruf. Karena Fira pikir, kemarin pacaran lama juga gagal, apalagi sekarang nikah tanpa ada pacaran dulu. Namun sang sahabat, Uci (Eriska Rein) berhasil menggoyahkan keraguan Fira akan taaruf. Hingga akhirnya Fira, bersedia untuk bertaaruf dengan Deon. Toh dalam taaruf juga tak memaksa untuk jadi menikah. kalau pun memang selama 3 bulan tidak merasa klop, boleh dibatalkan.

mona

Selain itu ada juga Mona (Karina Nadila) yang tak lain adalah sahabat dari Uci dan Fira yang baru putus dari Jerry (Fandy Christian). Hebatnya, putus cinta tak membuat Mona trauma, justru ia lebih bersemangat untuk mendapatkan calon suami. Hal inilah yang membuat Mona memantaskan diri untuk lelaki masa depannya dengan cara berhijab.

Nilai Positif Film “AKU, KAMU, dan KUA”

Setiap film sudah selayaknya mengandung pesan-pesan positif. Begitu pula halnya dalam film “AKU, KAMU, dan KUA”. Apa saja pesan moral yang diangkat dalam film komedi ini?

1. Taaruf

taaruf

 

Taaruf menjadi salah satu bahasan di dalam film “AKU, KAU, dan KUA”. Film ini memberi pencerahan bahwa taaruf itu bukanlah sebuah perjodohan. Taaruf bisa berujung dipernikahan, ya karena baik si wanita maupun pria bersedia untuk menikah.

Dan sebagai umat muslim, rasanya sudah tahu bahwa taaruf adalah tahap yang benar saat akan meminang seseorang. Karena dalam islam tidak mengenal istilah pacaran. Toh lebih aman kalau pacaran pas udah nikah kah?

2. Berhijab

hijab

Hijab menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. Apalagi setelah fenomena jilboobs yang menggemparkan jagat dunia maya. Film ini memberikan pesan moral tentang hijab. Jangan jadikan hijab sebagai trend. Tapi jadikan berhijab sebagai langkah untuk memantaskan diri untuk mendapatkan calon suami yang baik dan sholeh.

Karena seperti yang kita tahu, wanita alangkah lebih baiknya untuk menutup aurat. Dengan cara berpenampilan sopan dan berhijab. Insya allah, allah akan mendekatkan kita dengan pria yang sempurna imannya. Yang bisa membawa kita ke surga-Nya.

3. Restu Orang Tua

restu

Ya, sudah menjadi rahasia umum, restu orang tua adalah restu allah. Jadi, apapun yang dilakukan atas restu kedua orangtua dan selama itu positif, insya allah akan lancar. Namun sebaliknya, tanpa restu orangtua, banyak halangan dan rintangan yang menerjang.

Apalagi soal pernikahan. Menikah bukan perkara aku kamu suka, lalu nikah. Tapi soal menyatukan kedua kepala yang berbeda. Dan orangtua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Meski demikian, orangtua juga pasti mendukung apapun yang membuat anaknya bahagia.

Masih banyak kisah-kisah menarik lainnya yang diangkat dalam film “AKU, KAMU, dan KUA”. Penasaran dengan ending hubungan Fira dengan Deon dan kisah lainnya? Ayo serbu bioskop, dan tonton film “AKU, KAMU, dan KUA”.