Siapa sih yang gak suka tahu? Tahu bisa dibilang makanan favorit semua kalangan. Meski terbilang makanan standar, tapi manfaatnya luar biasa.

Tahu
Tahu | Foto : shesimmers.com

 

Yups, semua orang juga pasti udah tau kalau tahu termasuk salah satu makanan yang kaya akan protein. Dan protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Tahu bisa kita peroleh dengan mudah, baik di supermarket, pasar atau bahkan di warung sekalipun. Selain mudah didapat, tahu juga terbilang mudah diolah. Mau digoreng, ditumis, direbus, atau dibakar sekalipun, tahu tetep enak dimakan.

Ternyata, tahu bukan hanya lezat, tapi juga kaya akan manfaat. Gak percaya? Yuk, intip apa saja manfaat dari tahu!

1. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Mencegah Kanker
Mencegah Kanker | Foto : abcnews.go.com

Sudah menjadi rahasia umum, kalau kanker bisa dibilang penyakit yang cukup berbahaya. Tak heran, kalau kanker sulit untuk disembuhkan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi sebelum kanker itu datang, gak ada salahnya buat jaga-jaga kan?

Membentengi diri dari bahaya penyakit kanker itu gak susah kok. Gak perlu minum vitamin-vitamin mahal atau check up rutin. Cukup lakuin hal-hal sederhana, makan tahu misalnya.

Dalam tahu terdapat kandungan isoflavon kedelai yang berguna untuk mengurangi risiko kanker. Disamping itu, ada juga kandungan selenium yang bermanfaat untuk antioksidan yang melindungi tubuh dari kanker usus besar.

2. Menjaga Kestabilan Berat Badan

Berat Badan
Berat Badan | Foto : cewequat.com

Diet biasanya identik dengan mengurangi pola makan. Kalaupun makan tidak boleh sembarangan, harus yang sehat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Kalau Cuma buah dan sayur lama-lama juga bosen kan. Nah, buat kamu yang punya masalah sama berat badan, bisa coba menu lain, contohnya tahu.

Tahu bisa menjadi salah satu menu harian yang aman untuk diet. Karena seperti yang kita ketahui, tahu termasuk salah satu makanan yang kaya akan protein.

Dan makanan yang kaya protein itu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Disamping itu, tahu juga rendah kalori, sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Melancarkan Peredaran Darah
Melancarkan Peredaran Darah | Foto : keponews.com

Selain bagus untuk diet, tahu juga ternyata mampu melancarkan peredaran darah. Loh kok bisa?

Iya, bisa lah, karena tahu kaya akan zat besi. Dan zat besi itu berguna untuk melancarkan peredaran darah. Jadi, dengan mengonsumsi tahu, bisa melancaran peredaran darah.

4. Kesehatan Kulit

Kesehatan Kulit
Kesehatan Kulit | Foto : beautyteenstyle.com

Manfaat tahu ternyata bukan hanya untuk kesehatan, melainkan juga kecantikan. Iya, mengonsumsi tahu ternyata berpengaruh terhadap kecantikan tubuh, terutama kulit. Kok bisa?

Kandungan tahu tak hanya protein, tapi juga vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dan mineral tersebut berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, sehingga terhindar dari penuaan dini.

Selain dikonsumsi, manfaat tahu untuk kulit juga bisa diperoleh dengan menggunakan tahu sebagai bahan masker. Masker tahu berguna untuk mengencangkan wajah, sehingga kulit tak cepat keriput.

5. Menjaga Kesehatan Rambut

Kesehatan Rambut
Kesehatan Rambut | Foto : myhairmalahide.ie

Rambut menjadi salah satu poin penting untuk menilai penampilan seseorang, baik pria maupun wanita. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan rambut?

Menjaga kesehatan rambut itu tidaklah sulit. Cukup dengan memberi vitamin rambut atau keramas secara rutin 2 x sehari. Ada cara lain kah?

Ada. Cara lainnya, yaitu dengan menjadikan tahu sebagai menu harian. Kenapa? Karena tahu mengandung keratin yang mendorong pertumbuhan rambut.

Jadi, kalau gak mau ribet pakai vitamin rambut, makan aja tahu. Perut kenyang, rambut juga sehat. Iya enggak?

Masih ragu sama manfaat tahu? Coba aja makan tahu secara rutin, aman dari efek samping kok. justru kamu bakal dapet banyak manfaat setelah mengonsumsi tahu.