5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Menidurkan Bayi

Pada umumnya, bayi tidur sepanjang malam adalah saat usianya 3 atau 4 bulan. Dan terkadang ada beberapa kesalahan ibu dan ayah yang mengubah pola tidur bayi. Apa saja?

1. Menggendong Bayi untuk Tidur

Menggendong
Menggendong | Foto : zwitsal.co.id

Coba saja lihat orang-orang disekeliling yang punya baby. Rata-rata dari mereka lebih suka menggendong bayi untuk tidur. Padahal menidurkan bayi dengan cara digendong, justru membuatnya bergantung pada lengan Anda. Kalau kata orang dulu, bayi akan bau tangan.

Tak heran, jika bayi akan terbiasa tidur dengan cara digendong. Karena dari awal, Anda yang membiasakan untuk menidurkan dengan cara digendong.

2. Selalu Menenangkan Bayi Saat Menangis

Menenangkan
Menenangkan | Foto : ciricara.com

Kebanyakan ayah dan ibu tidak tega melihat anaknya menangis. Tak jarang, ketika bayi menangis, Anda langsung menenangkannya dan menidurkan. Hal ini membuat anak tidak tahu cara untuk menenangkan dirinya sendiri.

Terkecuali jika bayi Anda sedang sakit, menenangkan adalah langkah yang tepat. Namun kalau bayi sedang sehat, saat ia merengek biarkan saja. Tunggu sampai 5 menit, jika tak berhenti terus baru Anda menenangkannya.

3. Mengemut Botol

Ngemut Botol
Ngemut Botol | Foto : fuadnet.blogspot.com

Memang tak ada makanan dan minuman yang lebih bergizi untuk bayi selain ASI. Namun jika ASI tak ada, boleh menggunakan susu formula.

Namun Anda harus hati-hati, jangan membiasakan anak tertidur mengemut botol susu. Kenapa? Karena akan menyebabkan perubahan warna gigi. Disampinhg itu, tiudur dengan mengemut botol berisiko infeksi telinga.

4. Memberikan Makan pada Malam Hari

makan
Makan | Foto : theguardian.com

ASI merupakan asupan penting bagi bayi. Namun bukan berarti Anda bisa memberikan ASI full selama 24 jam penuh.

Anda harus menghilangkan kebiasaan menyusui pada tengah malam, bila bobot bayi sudah mencapai 12 kg. Hal ini bertujuan untuk menjaga bobot bayi agar tidak kegemukan.

Kalau memang bayi Anda suka rewel saat tengah malam, cukup menenangkannya. Dan buatlah bayi Anda tertidur kembali.

5. Bingung antara Siang dan Malam

Bayi
Bayi | Foto : netparents.org

Apakah penting bayi mengetahui perbedaan siang dan malam? Tentu saja penting. Karena bayi tidak akan bisa tidur lelap sepanjang malam jika tidak tahu perbedaan siang dan malam.

Lalu, bagaimana cara mengenalkan sang bayi untuk membedakan antara siang dan malam? Caranya, saat pagi dan siang hari, saat bayi tidur, lampu tetap dinyalakan. Sementara saat malam, biarkan lampu kamar mati.

Nah, itulah kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan ayah dan ibu saat menidurkan bayi. Jadi, cara menidurkan bayi sangat mempengaruhi kualitas tidurnya.

Leave a Reply