Seiring bertambahnya usia, setiap orang pasti akan bertambah tua. Namun jangan sampai penuaan pada wajah terjadi terlalu dini.

1. Galau

Galau
Galau | foto : pepaya.com

Galau kini bukan lagi istilah asing, melainkan sudah menjadi perbincangan sehari-hari di kalangan remaja. Dan parahnya, galau cepat sekalu menyebar, apalagi di kalangan anak muda.

Perlu diketahui, ternyata rasa sedih, cemas, dan depresi yang timbul akibat kegalauan itu mempercepat penuaan dini. Nah loh, kok bisa?

Menurut tim peneliti dari VU University Medical Centel, seseorang yang sering merasa galau telomere (ujung DNA) mereka lebih pendek diandingkan dengan mereka yang selalu bahagia. Hal inilah yang akhirnya mempercepat penuaan dini.

Penuaan dini juga terjadi pada seseorang yang mudah emosi. Selain cepat tua, orang yang mudah emosi berisiko 2x lebih tinggi terkena penyakit stroke, meski tidak makan junk food ataupun merokok.

Dan yang lebih utama lagi, orang yang mudah emosi pastinya akan dijauhi teman. Nah, daripada tak punya teman dan cepat tua, lebih baik hindari galau yang berkelanjutan dan kontrol emosi.

2. Pengangguran

pengangguran
pengangguran | foto : info-bogor.com

Hidup itu butuh uang, dan uang bisa diperoleh dengan bekerja. Dan bagi pria, memiliki pekerjaan itu sebuah keharusan, untuk membiayai hidup anak dan istrinya. Lalu, bagaimana kalau nyatanya, ada pria yang pengangguran?

Pria yang pengangguan cenderung akan mudah stress karena tekanan keuangan dan emosional karena tak memiliki pekerjaan. Kondisi ini mengakibatkan telomere yang berfungsi melindingi DNA menjadi lebih cepat memendek.

Padahal pemendekan telomere yang terlalu cepat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan usia. Di antaranya sakit jantung, diabetes, Alzhaimer, atau bahkan kematian mendadak.

Namun ternyata bukan hanya pengangguran saja yang membuat seseorang cepat tua, melainkan juga mereka yang bekerja. Mereka yang bekerja biasanya menghadapi stress karena pekerjaan yang belum terselesaikan.

Nah, jika stress tersebut terus menerus terjadi setiap hari, membuat telomere semakin memendek. Hingga akhirnya membuat kita menjadi cepat tua.

3. Trauma Masa Kecil

Trauma
Trauma | Foto : info-bogor.com

Ternyata hal yang membuat seseorang lebih cepat tua bukan hanya mudah emosi, melainkan juga karena trauma masa kecil. Mengapa demikian, apa alasannya?

Sama halnya dengan pengangguran, trauma masa kecil juga ternyata dapat memperpendek telomere. Hal ini disebabkan, trauma masa kecil meninggalkan rasa depresi yang amat mendalam pada diri seseorang.

Berdasarkan penelitian, seseorang yang masa kecilnya mengalami kekerasan atau pengalaman negative (bullying) lebih cepat mati, meski usianya belum menginjak usia 50 tahun. Mungkin karena terlalu memendam rasa kekecewaan yang mendalam. Hingga akhirnya membuat depresi dan berpengaruh terhadap telomere yang cepat memendek.

4. Makan Saat Emosi

makan saat emosi
makan saat emosi | Foto : nutrisisehattanpaefeksamping.blogspot.com

Setiap orang punya cara yang berbeda-beda untuk melampiaskan emosi. Salah satunya adalah dengan makan. Meluapkan emosi dengan makan mungkin terdengar aneh, namun nyatanya banyak yang melakukan hal ini.

Iya, sebagian orang melampiaskan emosi dengan makan. Dan yang bahayanya, saat emosi cenderung mengonsumsi apa saja yang ada di depan mata. Sebab, makan saat emosi tujuannya hanya untuk melampiaskan amarah.

Hal inilah yang akhirnya membuat kita justru memilih makanan yang tidak sehat seperti junk food. Padahal seperti yang kita tahu, junk food merupakan makanan tak sehat. Dengan mengonsumsi junk food, berbahaya bagi kesehatan.

Dan ternyata, makan saat emosi itu memperpendek telomere. Tak heran, jika terlalu banyak mengonsumsi junk food, bisa menyebabkan penuaan dini.

5. Diet Ketat

Namun ada juga yang melampiaskan stress  dengan diet ketat. diet pada umumnya adalah langkah yang dilakukan untuk mengurangi berat badan yang berlebih.

Namun ternyata banyak orang yang salah paham dengan diet ketat. Banyak yang menganggap diet ketat adalah diet yang hanya mengonsumsi buah atau sayur setiap hari.

Padahal dalam kenyataannya, tubuh memerlukan nutrisi lain, selain dari buah dan sayur. Nah, kalau nutrisi yang diperlukan tubuh tidak terpenuhi apa jadinya coba?

Bahayanya bukan hanya mengganggu kesehatan tubuh, melainkan juga membuat kulit mengalami penuaan dini. Sebab ada beberapa nutrisi kulit yang tidak terpenuhi.

Nah, itulah 4 hal yang mempercepat penuaan dini. Jika tak ingin cepat tua, hindari 4 hal dia atas.