Pada dasarnya manusia itu mahluk sosial. Tidak bisa hidup sendiri atau dengan kata lain membutuhkan bantuan orang lain di sekitarnya. Menolong orang lain adalah hal yang mulia. Tapi tau gak sih, ternyata kebiasaan menolong orang lain itu juga berdampak pada kesehatan kita. Suka menolong bisa bikin badan sehat.

Ini bukan sekadar pendapat orang, melainkan sudah berdasarkan penelitian lho! Rasa bahagia yang muncul setelah menolong, membuat otak melepaskan zat endhorpin . nah, pelepasan zat endhorpin ini bermanfaat bagi kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat suka menolong untuk kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut!

1. Lebih Bahagia

Bahagia
Bahagia | Foto : leavingmynoteshere.wordpress.com

Rasa bahagia itu bisa kita dapat dengan mudah, contohnya dengan memberi atau membantu orang lain. setelah membantu atau memberi, tubuh akan melepas oksitosin atau dikenal dengan hormon cinta. Hal ini membuat kita lebih tenang dan bahagia.

2. Depresi Menurun

Depresi
Depresi | Foto : salon.com

Berdasarkan penelitian juga diketahui bahwa efek suka menolong sangatlah dahsyat. Kebiasaan suka menolong membuat seseorang yang pernah mengalami trauma di masa lalu dan harus ketergantungan obat, perlahan kondisinya menjadi stabil.

Dari hari ke hari, mereka bisa melepaskan rasa trauma tersebut. Hal ini membuat rasa depresi yang dialami berkurang. Hingga akhirnya, trauma itu hilang dengan sendirinya.

3. Tekanan Darah Stabil

Tekanan Darah
Tekanan Darah | Foto : alkeshop.com

Selain bisa menurunkan tingkat depresi, kebiasaan memberi pertolongan kepada orang lain juga berdampak pada tekanan darah. Iya, orang yang suka menolong, tekanan darahnya lebih stabil dibandingkan dengan mereka yang acuh dengan sekitarnya.

4. Stress Berkurang

Stress
Stress | Foto : neatoday.org

Stress ternyata bukan hanya disebabkan oleh permasalahan di sekitar kita, melainkan juga oleh kebiasaan-kebiasaan buruk, misalnya pelit. Iya, orang yang peling biasanya mempunyai hormone stress yang cukup tinggi.

Sementara itu, orang yang murah hati, biasanya mampu mengendalikan emosi sehingga stress bisa terhindari. Nah, hal ini juga berkaitan dengan kebiasaan suka monolong. Menolong orang tentunya memberikan kepuasan dan kebahagiaan. Hal inilah yang membuat stress berkurang.

5. Panjang Umur

Panjang Umur
Panjang Umur | Foto : vemale.com

Bukan rahasia lagi, rasa bahagia membuat kita panjang umur. Karena rasa bahagia tersebut memberikan energy positif yang membuat tubuh tetap sehat.

Nah, jadi selain meringankan beban, menolong orang lain juga bermanfaat bagi kesehatan. Jadi tunggu apalagi, biasakan untuk menolong orang lain yang sedang kesusahan atau memerlukan bantuan.

Namun terlepas dari semua manfaat di atas, menolong orang lain merupakan hal baik yang bernilai lebih di mata Tuhan. Jadi tak ada salahnya bukan untuk membiasakan hal baik tersebut.