Agar Sukses dalam Bekerja, Kenali Tipe-Tipe Bos Ini!

Ingin sukses dalam berkarir bukan berarti kamu hanya mementingkan kualitas pribadimu saja. Kamu juga harus mengenal berbagai faktor eksternal yang membentuk kesuksesanmu, seperti halnya keluarga yang mendukungmu, pasangan yang memberi perhatian dan dukungan lainnya, serta pihak perusahaan dan atasan yang mampu memberikan kesempatan padamu untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan sukses.

Dalam hal perusahaan, kamu harus tahu tipe-tipe bos yang mampu mendukungmu secara personal maupun tim. Tidak hanya itu, pengetahuan mengenai tipe-tipe bos ini juga bisa menjadi pelajaran berharga bagi kamu jika suatu saat meraih kesuksesan sebagai seorang atasan.

Pintar, Punya Skill, dan Tahu Banyak Hal

Tipe bos seperti ini biasanya dianggap sebagai tipe atasan yang mampu mengontrol perusahaan dengan baik, mampu memberikan pengalaman berharga kepada rekan kerja maupun bawahan, serta mampu mengetahui mana karyawan yang bisa diandalkan dan mana karyawan yang tidak bisa diajak kerjasama.

Dengan kepintarannya, sang bos mampu mengetahui mana pihak yang mengelabui dirinya serta pihak yang memang benar-benar punya kemampuan. Dengan skill-nya, ia bisa menentukan kemampuan dasar yang dimiliki bawahannya bahkan bisa menunjukkan kemampuan yang dimilikinya untuk diajarkan kepada bawahannya. Dengan pengetahuannya, bos seperti ini mampu memberi pengarahan yang baik melalui komunikasi yang baik pula.

Pintar, Punya Skill Tapi Tidak Pandai Berkomunikasi

Ada juga tipe atasan yang sangat pintar dan memiliki banyak skill, namun tidak punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Pada saat kepintarannya muncul, ia sulit untuk mengomunikasikan hal tersbeut kepada rekan kerja maupun kepada bawahannya sehingga orang seperti ini biasanya membutuhkan kaki tangan yang bisa dipercaya untuk mengomunikasikan apa yang ada di dalam pikirannya kepada orang-orang setimnya.

Dengan begitu, orang ini harus bisa menemukan kaki tangan yang tepat untuk bisa memberikan arahan kepada para bawahannya serta bisa menyampaikan informasi dengan baik mengenai mereka terhadap dirinya sendiri.

Jika kamu termasuk orang yang seperti ini, maka belajarlah untuk bisa berkomunikasi dengan baik sehingga di kala tidak ada kaki tangan pun, kamu tetap bisa menjelaskan rencanamu kepada rekan kerja.

Tidak Pintar, Skill Terbatas, Namun Pandai Berkomunikasi

Tidak semua atasan atau bos itu punya kepintaran dan kemampuan yang mumpuni. Ada juga tipe bos atau atasan yang kepintaran dan kemampuannya terbatas, namun bisa berkomunikasi dengan baik sehingga saran dan kritik dari rekan kerja atau bawahan bisa diterima dengan baik demi kemajuan pribadi maupun perusahaan. Orang seperti ini akan lebih mudah untuk maju dan berkembang karena bisa menerima masukan dari pihak lain, meskipun itu bawahannya sendiri.

Tidak Pintar, Skill Terbatas, dan Enggan Berkomunikasi

Nah, tipe bos seperti ini yang biasanya paling susah untuk diajak bekerja sama sehingga kamu harus menemukan titik terlemahnya agar si dia mau menerima masukan dari pihak lain. Tipe atasan seperti ini biasanya memiliki kekuasaan yang dinilai dengan materi belaka sehingga ia menganggap bahwa kepintaran bisa terbeli oleh materi.

Bagi orang-orang seperti ini, penghargaan penting bukanlah dari seberapa banyak kontribusi yang sudah diberikan seseorang terhadap perusahaan, melainkan seberapa banyak materi yang telah diberikan atau dihasilkan demi kemajuan perusahaan maupun dirinya sendiri.

Jika kamu termasuk tipe orang yang seperti ini, cobalah untuk berubah karena tidak semua orang bisa dengan sabar mengajarkanmu untuk mau berkembang. Dan tidak semua orang mampu jujur untuk bisa menjadi bawahanmu.

Leave a Comment