gam

gambar dari google

Komunitas penulis banyak sekali beredar di jejaring social seperti facebook. Dari sana kita bisa belajar banyak hal tentang kepenulisan dari mulai nol. Dan biasanya di setiap komunitas ada sejenis pelatihan bagi yang serius ingin belajar menulis, gratis maupun berbayar. Tapi, biasanya lebih tertarik yang berbayar karena dengan berbayar itulah kita jadi semangat belajar dengan sungguh-sungguh, karena niat awal bergabung grup atau komunitas menulis adalah ingin bisa menulis dan ingin menjadi penulis.

Penulis Penulis adalah orang yang suka menulis, menciptakan karya dengan tulisan yang bermacam-macam kemudian terbentuklah sebuah buku. Menulis sebenarnya mudah, asal kemauan yang tinggi dan terus berusaha pasti bisa menulis dan jadi penulis. Misalnya saja, menuliskan kegiatan kita sehari-hari di buku, seperti buku diary. Kalau sudah terbiasa menulis buku diary pasti dengan lancarnya ketika menulis sebuah karya seperti novel misalnya. Karena kebiasaan yang positif akan menghasilkan karya yang cemerlang. Penulis pun beragam, ada yang menjadi penulis buku pelajaran seperti IPA, IPS, sejarah dan ada yang menjadi penulis novel, ada juga penulis artikel dan sebagainya. Intinya sama, mereka sama-sama seorang penulis yang karyanya bermanfaat bagi orang banyak. Menjadi seorang penulis memang mudah tapi berat tanggung jawabnya, karena semua tulisan yang kita tulis harus di pertanggung jawabkan isinya. Apalagi tulisan yang berkaitan dengan agama, sangat berat. Oleh karena itu, referensi sangat di perlukan ketika kita menulis, misalnya saat kita sedang menulis buku agama, Alqur’an dan Hadist lah referensi yang harus kita pakai, juga buku-buku tafsir yang berkaitan dengan materi yang sedang di bahas.

Re Media Service

Re Media Service adalah salah satu komunitas penulis yang ada di facebook saat ini. Ada ribuat member yang sudah bergabung di dalamnya, dari mulai calon penulis hingga penulis terkenal ada disana. Komunitas ini sangat aktif, banyak sekali peluang menulis buku dan temanya pun beragam. Jadi kita bisa memilih tema sesuai yang kita minati. Apakah peluang menulis di komunitas itu hanya bagi penulis aktif? Oh tentu tidak. Bagi pemula justru itu sebuah tantangan karena ini adalah kesempatan kita dalam mengasah tulisan kita apakah sudah pantas untuk dibaca public ataukah belum. Ada banyak contoh dari para penulis yang awalnya coba-coba, mereka mencoba mengikuti audisi penulisan sebuah buku dengan berbagai tema, ambil yang sekiranya cocok untuk diri. Dan ternyata banyak yang lolos dan bias menerbitkan buku.

Karena apa? Karena penulis pemula merasa tertantang dan sudah memiliki tanggung jawab dari sebuah komunitas, jadi mau tidak mau si penulis harus sungguh-sungguh dalam membuat tulisan bukan? Begitulah caranya agar calon penulis bangkit dari mimpinya menjadi kenyataan menjadi seorang penulis. Dan mereka pun justru berlomba-lomba dalam mengambil kesempatan yang diberikan oleh komunitas tersebut. Yang juara itu adalah komunitas tersebut yang welcome terhadap calon penulis, artinya tidak pilih kasih terhadap penulis senior.

Di dalam komunitas penulis Re Media Service tidak hanya memberi peluang menulis buku saja tetapi juga ada menulis artikel. Seperti sekarang ini sedang ada audisi penulisan artikel, jika lolos dalam audisi maka akan diberikan tugas menulis artikel sebanyak-banyaknya dan berbagai tema yang di tentukan langsung dari komunitas tersebut. Dan mereka berlomba-lomba dengan sangat gembira karena setiap artikel yang kita tulis, di sesuaikan dengan tema yang kita inginkan dan juga akan dibayar sesuai kesepakatan. Sangat menyenangkan bukan, jadi penulis? Ayo bergabung bersama kami di komunitas penulis, menuangkan ide dan menghasilkan karya agar bermanfaat bagi banyak orang.