Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan. Bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja yang berkeinginan untuk menulis. Bahkan menulis bagi sebagian orang merupakan salah satu hobi yang menyenangkan. Lalu bagaimana cara menjadi penulis agar kegiatan menulis yang menjadi hobi ini mampu mendatangkan pemasukan tambahan (berupa uang hasil penjualan karya tulisan)?

Banyak orang yang beranggapan bahwa menulis merupakan kegiatan yang gampang dilakukan oleh semua orang. Menjadi penulis tidak membutuhkan keahlian khusus. Akan tetapi, pada kenyataannya, menjadi penulis itu sebenarnya susah dan jelas bukan pekerjaan yang mudah.

Mungkin bagi sebagian orang yang beranggapan bahwa menulis adalah hobi, meyakini bahwa hobi yang satu ini juga sama dengan hobi-hobi lainnya yang memang bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya, orang yang hobi belanja, ya tinggal datang saja ke Mal lalu belanja sepuasnya. Anggapan seperti ini tentu saja sangat keliru. Menulis adalah hobi yang menuntut seseorang untuk sepenuhnya menguasai teknik menulis dengan baik, dengan aturan-aturan yang berlaku di dunia penulisan. Sehingga dibutuhkan beragam cara menjadi penulis demi menghasilkan tulisan yang bermutu, layak dibaca, untuk selanjutnya mendapatkan reward (penghargaan) dari upaya-upaya itu semua.

Di zaman yang serba modern ini, industri karya tulis, berupa buku maupun novel berkembang sangat pesat. Perkembangan pesat ini tentu saja menghasilkan perputaran uang yang sangat besar dari hasil penjualan buku-buku tersebut. Banyak orang kemudian menjadikan kegiatan menulis sebagai pekerjaan utama untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

Honor menulis dari tahun ke tahun juga semakin meningkat. Ditambah dengan banyaknya bermunculan agensi-agensi naskah buku yang membantu penulis, terutama penulis pemula untuk menerbitkan buku yang ditulisnya. Walau belum banyak kita jumpai penulis yang kaya raya dari hasil penjualan karya tulisnya, namun untuk menambah pemasukan keuangan, sepertinya pekerjaan sekaligus hobi menulis menjadi sesuatu yang patut ditekuni.

Sebelum kita membahas lebih banyak bagaimana cara menghasilkan uang dari kegiatan menulis, terlebih dahulu kita akan membahas bagaimana cara menjadi penulis yang baik sehingga menghasilkan karya yang baik pula?

Cara menjadi penulis

Ada banyak banyak cara menjadi penulis sekaligus kiat-kiat khusus yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan karya. Namun tentu saja hal yang paling pokok harus dimiliki oleh seorang penulis atau calon penulis adalah memiliki niat dan kemauan untuk menulis. Tanpa niat dan kemauan untuk menulis, maka apapun cara dan upaya yang dilakukan seseorang untuk bisa menulis tidak akan tercapai sampai kapanpun.

Lalu bagaimana cara menumbuhkan niat dan kemauan untuk menulis tadi?

a). Tumbuhkan minat menulis

Seorang calon penulis harus memiliki gairah yang kuat untuk menulis. Dengan gairah ini diyakini seseorang akan memiliki keseriusan dalam menulis, dan pada akhirnya akan melahirkan karya-karya yang baik. Gairah menulis ini harus terus ditumbuhkan, dengan semangat yang menggebu-gebu, dan bukan hanya bersemangat pada saat-saat tertentu saja.

b). Jangan banyak alasan

Sebetulnya banyak sekali orang-orang yang memiliki kemampuan menulis yang baik, tapi tidak mampu menghasilkan banyak karya. Jika Anda berkemauan untuk menjadi penulis, maka buang jauh-jauh alasan-alasan seperti : sibuk, tidak punya waktu luang, lagi tidak punya ide atau alasannya lainnya, yang hanya akan membuat Anda tidak mampu menghasilkan karya apapun. Kalau perlu, buat jadwal kapan Anda ‘harus’ menulis, walaupun hanya 1 atau 2 lembar saja perharinya.

c). Menulis saja

Sebagai calon penulis, tentu saja berbagai hambatan dan rintangan akan ditemui. Salah satunya adalah beranggapan bahwa tulisan yang akan dibuat nantinya tidak menarik. Menumbuhkan rasa percaya diri adalah salah satu kunci sukses menjadi penulis. Kalau Anda minder dengan karya tulisan Anda sendiri, bagaimana orang lain bisa menghargai tulisan yang Anda buat. Jadi, menjadi penulis harus diawali dengan kepercayaan yang tinggi. Lupakan dulu bagaimana penilaian orang lain nantinya terhadap karya Anda. Menulis saja dulu! Percayalah ide itu akan mengalir seiring waktu. Percaya diri merupakan salah satu cara menjadi penulis sukses.

Disamping niat dan kemauan untuk menulis, penulis atau calon penulis juga harus memiliki prinsip dan komitmen menjalani rutinitas sebagai penulis. Jangan menjadi penulis yang setengah-setengah atau iseng-iseng saja. Karena sebetulnya, menulis bisa menghasilkan banyak uang. Tidak percaya? Begini cara menjadi penulis yang menghasilkan bayaran.

Kiat Mendapatkan Bayaran Dari Menulis

a). Tentukan terlebih dahulu Anda mau menjadi penulis yang bagaimana

Anda terlebih dahulu harus memahami bakat menulis seperti apa yang sudah Anda miliki. Karena dengan begitu, Anda bisa menentukan Anda akan menulis tulisan yang seperti apa.

Beragam model karya tulis yang bisa Anda ciptakan. Diantaranya, penulis novel, penulis artikel, penulis buku-buku pelajaran, atau penulis naskah film atau sinetron. Pada tahap ini, Anda harus betul-betul sudah menguasai berbagai teknik penulisan, sehingga nantinya karya Anda diakui dan banyak peminatnya.

b). Rajin mencari informasi job penulisan

Cara menjadi penulis yang banyak menerima job penulisan salah satunya lewat media cetak maupun online, Anda akan menemukan banyak informasi mengenai job penulisan. Job penulisan ini juga dapat Anda jumpai di berbagai instansi yang biasanya sering melakukan event atau lomba menulis. Pokoknya minimal sehari Anda harus mencari informasi-informasi mengenai job penulisan seperti di Facebook, Twitter atau media sosial lainnya.

c). Berani mengirim naskah ke agensi

Pada tahap ini, Anda jangan berpikir dulu bahwa karya Anda akan ditolak oleh pihak agensi. Anda harus memiliki keberanian untuk mengajukan naskah Anda ke agensi penerbit, dan mempercayai bahwa karya Anda memiliki nilai lebih dan layak diterbitkan. Kalau ternyata naskah Anda ditolak, ajukan naskah Anda ke agensi lainnya. Ingat! J.K Rowling, Sang penulis novel Harry Potter ini sempat ditolak beberapa kali oleh penerbit, namun Anda tentu tahu jadi apa sekarang novel tersebut.

d). Jangan berhenti belajar

Inovasi harus terus dilakukan jika Anda tidak ingin ketinggalan pasar. Belajar bagaimana cara menjadi penulis yang sukses seyogiyanya merupakan bahagian dari usaha kita untuk mempertahankan kesuksesan itu. Anda harus betul-betul memahami permintaan pasar, dalam hal ini trend yang diinginkan oleh para pembaca sehingga karya-karya Anda akan tetap diminati.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menjadi penulis yang menjadikan hobi menulis sebagai sumber pemasukan tambahan. Saya sudah mencobanya, Anda???