Komunitas penulis merupakan sebuah wadah para penulis yang memiliki passion sama dengan harapan bisa eksis terus dalam kegiatan menulis. Di sini, kemampuan anggota akan diasah menjadi penulis handal. Jika anda belum memiliki kemampuan yang mumpuni, anda tidak perlu khawatir karena dalam komunitas ini biasanya akan dibimbing untuk menghasilkan tulisan berkualitas. Tentu saja anda tidak hanya dijejali teori belaka namun lebih banyak praktek.

Nah, berikut beberapa langkah yang perlu anda perhatikan supaya anda tidak terjebak dalam komunitas penulis yang tidak tepat.

  1. Perbanyak Teman Penulis di Social Media

Ketika anda berselancar di beberapa social media baik facebook, twitter, blogger, path dan masih banyak lagi. Cobalah anda perhatikan aktivitas calon teman anda sebelum menambahkan mereka sebagai teman. Biasanya jika mereka memiliki hobi menulis, akan men-share tulisan mereka baik melalui note atau blog. Jangan ragu untuk berkenalan dengan calon teman anda. Biasanya mereka memiliki komunitas menulis sesuai bidang yang diminati. Langkah selanjutnya, langsung gabung ke komunitas menulis yang dia ikuti. Anda dapat teman baru sekaligus komunitas baru yang akan menjadi ‘perpustakaan maya’ anda sebagai upaya memperkaya diri untuk menghasilkan tulisan berkualitas.

  1. Seleksi kembali komunitas anda

Di era teknologi seperti sekarang, internet menjadi rumah kedua bagi setiap orang. Segala kemudahan ‘hampir’ memanjakan kebanyakan penulis pemula. Godaan untuk fokus menulis sangat banyak dibandingkan beberapa tahun lalu sebelum booming-nya gadget. Godaan apa itu? Iya, Godaan sosial media.

Jika tahap pertama tadi anda sudah lakukan, tahap selanjutnya adalah banyak baca tulisan yang berbobot, bukan hanya ‘status’ para sohib yang beredar di timeline. Silahkan anda mengamati aktifitas komunitas yang anda ikuti, jika membuat anda lebih banyak tahu dan semakin produktif maka anda berada dalam lingkungan yang tepat. Jika sebaliknya, jangan segan untuk keluar dari grup karena seiring banyaknya kemudahan internet makin banyak pula oknum yang tidak bertanggungjawab atas pembuatan grup. Misalnya, ada grup menulis yang ternyata hanya diisi postingan promo jualan.

  1. Kejar prestasi anda melalui komunitas penulis

Perjalanan menjadi seorang penulis penuh liku, jika anda mendapati kabar ada seorang penulis hebat yang bisa menghasilkan buku dan bisa dapat income lebih, anda tidak usah berkecil hati. Karena prestasi itu bisa anda dapat jika anda lakukan dengan semangat, kerja keras dan bersungguh-sungguh.

Komunitas penulis bertebaran di sosial media, seperti Komunitas Bisa Menulis, Komunitas Cerita Penulis, Komunitas Dblogger, Komunitas Emak Blogger, IIDN (Ibu-ibu doyan Nulis), Belajar Copywriting, Sekolah Menulis Gratis, PenulisPro dan masih banyak lagi.

Silahkan bergabung dengan komunitas penulis yang sesuai dengan minat anda. Biasanya tiap komunitas memiliki ‘pembahasan’ khusus. Karena aktivitas dari menulis sangat luas, jika dirinci lagi akan banyak spesifikasi tersendiri misalnya menulis cerpen, menulis novel, belajar menulis copywriting, menulis artikel bebas, menulis buku hingga menulis script film.

Kebanyakan penulis pemula akan dihadapkan banyak pilihan. Silahkan anda menikmati prosesnya. Paksakan jemari anda menorehkan setiap kata. Sebenarnya, kunci dari suksesnya seorang penulis hanya ada tiga rumus yakni MENULIS, MENULIS dan MENULIS.  Meskipun demikian, pastikan anda memahami teori dasar menulis dan memperbanyak teman penulis yang akan memberikan anda dorongan kuat untuk terus eksis. Manfaatkan sebaik-baiknya kemajuan teknologi dan kemudahan belajar melalui internet secara gratis tanpa dipungut biaya melalui komunitas penulis.