Currently set to No Index
Currently set to No Follow

komunitas penulis, jembatan karir bagi penulis

Judul    : komunitas penulis, jembatan karir bagi penulis

            Mau jadi penulis tapi tidak punya komunitas? Ibarat mau cari tempat tapi tidak tahu alamat. Itulah peribahasa yang mungkin bisa disandingkan bagi penulis yang tidak memiliki komunitas. Apa sih komunitas penulis itu? Seberapa perlukah komunitas penulis bagi perkembangan karir penulis?

Komunitas penulis adalah kumpulan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dan tujuan yang sama yaitu menulis. Sebuah komunitas berdiri atas dasar persamaan tujuan, visi dan misi yang akan dicapai bersama. Dimanakah kita bisa menemukan komunitas menulis? Sebenarnya komunitas menulis bisa kita buat sendiri dimanapun kita mau. Komunitas penulis bisa dibuat di rumah, di sekolah, dan dimana pun anda inginkan. Komunitas menulis sangat mudah ditemukan karena setiap anda bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama lalu berkumpul maka disitulah sebuah komunitas mulai terbentuk. Komunitas penulis bisa beranggotakan 2-5 orang karena seiringnya waktu berjalan komunitas itu akan berkembang menjadi sebuah komunitas yang besar. Semua ini bergantung pada publikasi komunitas itu sendiri. Sebuah komunitas yang sudah terbentuk sbeaiknya segera membuat visi dan misi, lalu mengembangkan komunitas tersebut melalui media sosial maupun melalui offline dengan menyebarkan brosur pengumuman bahwa telah adanya komunitas penulis di daerah tersebut. Setelah itu, lakukan pertemuan rutin minimal  1 kali per-minggu. Pertemuan rutin ini sebaiknya dijawdal dengan materi yang menarik di dunia penulisan. Apabila sudah mulai berkembang dengan banyak anggota sebaiknya komunitas tersebut mengadakan “big event” untuk mempublikasikan komunitasnya lebih luas lagi, mengadakan bazar buku dan talk show seputar dunia kepenulisan. Dengan begitu semakin luas cakupan komunitas tersebut. Jangan lupa setiap komunitas haruslah terorganisir dengan baik serta memiliki sistemakita kerja yang terarah sehingga komunitas tersebut akan menjadi komunitas besar dan diakui.

Mulailah dengan menentukan ketua komunitas, sekretaris dan sebagainya. Setelah komunitas tersebut berkembang lakukanlah pertemuan gabungan dengan komunitas-komunitas lain yang ada di Indonesia. Mulai bekerjasama dan saling bertukar informasi satu sama lain. Hal ini akan memperluas jaringan komunitas kita.

Nah, buat kamu yang menyukai dunia tulis menulis sebaiknya mulai bergabung dalam komunitas penulis yang ada di Indonesia. Saat ini sudah sangat bangat komunitas menulis di Indonesia. Apalagi dengan perkembangan media sosial yang sudah menjangkau dunia tidaklah sulit bagi kita untuk menemukan komunitas penulis yang kita inginkan. Akan tetapi, komunitas penulis manakah yang akan kita ikuti? Semakin banyaknya komunitas penulis di Indonesia saat ini maka semakin jelaslah bahwa dunia penulis sangat di minati.

Dengan bergabung di komunitas penulis kita bisa mengembangkan minat dan bakat kita dengan terus belajar bersama-sama. Belajar bersama di dalam sebuah komunitas akan sangat berbeda jika kita hanya belajar sendiri di rumah tanpa bisa berdiskusi satu sama lain, mengandalkan buku-buku cara menulis, tips menulis dan sebagianya bukan tidak boleh akan tetapi melalui komunitas itulah semua yang kita butuhkan akan lebih mudah diperoleh, informasi akan lebih cepat dan kesalahan-kesalahan yang kita buat pun akan mudah diketahui dengan adanya diskusi satu sama lain. Komunitas menulis bisa menjadi jembatan untuk memulai karir kita di dunia kepenulisan, mengapa demikian? Komunitas menulis dapat menajdi wadah bagi kita menunjukkan karya-karya tulis kita, dapat saling mengoreksi satu sama lain dan finnaly, komunitas menulis dapat membantu kita untuk menyalurkan tulisan-tulisan kita. So, jangan ragu lagi. yuk gabung di komunitas penulis re! Media 🙂

Leave a Reply