Komunitas Penulis, Tempat Belajar dan Berbagi Karya

Saat ini, komunitas penulis mengalami perkembangan yang luar biasa. Seiring perkembangan teknologi khususnya media sosial, komunitas penulis menjadi sebuah kelompok yang anggota dan kegiatannya menjangkau lebih banyak wilayah.

Jika dulu komunitas penulis hanya terdapat di kota-kota tertentu dengan anggota yang berasal atau berdomisili di kota-kota tersebut, saat ini komunitas penulis sudah menjelma menjadi wadah besar dengan cara komunikasi yang lebih fleksibel karena adanya media sosial dan perkembangan smartphone yang semakin cangging dari hari ke hari.

Ada banyak komunitas penulis yang tumbuh di dunia maya, khususnya sosial media seperti Facebook yang memiliki anggota hingga ribuan dan tersebar di seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Sebut saja salah satu Komunitas Penulis Diskusi Fiksi. Menulis Fiksi. Membaca Fiksi atau lebih dikenal dengan sebutan CENDOL (Cerita Nulis Diskusi Online) yang didirikan oleh Mayoko Aiko, seorang penulis era 80-90 an yang masih eksis hingga sekarang.

Komunitas Penulis CENDOL saat ini telah memiliki anggota lebih dari 7000 orang yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, bahkan juga hingga luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Australia, dan Hong Kong. Bahkan masing-masing wilayah pun membentuk ‘cabang’ komunitas yang nantinya setiap tahun ada pertemuan akbar komunitas ini.

Komunitas CENDOL ini menjadi semacam sekolah menulis untuk para anggotanya dengan beragam pelajaran dan ‘kurikulum’ yang tentunya berkaitan dengan dunia kepenulisan.

Uniknya, di Komunitas CENDOL ini tidak hanya belajar tentang menulis cerpen atau novel saja, melainkan juga tentang menulis artikel, resensi, skenario film hingga naskah iklan televisi.

DSCI0304
Komunitas Cendol – Dokumentasi Pribadi

Selain Komunitas CENDOL tentunya masih banyak sekali komunitas-komunitas penulis lain yang muncul dan tumbuh di media sosial, pertumbuhan komunitas ini tentunya didukung mudahnya komunikasi, seolah melipat jarak menjadi tanpa sekat.

Keuntungan Anggota Komunitas Penulis

Komunitas penulis ini banyak dimanfaatkan oleh para penulis, baik itu pemula maupun senior sebagai tempat belajar dan berbagi karya. Selain itu komunitas penulis juga menjadi tempat untuk berbagi informasi terkini seputar dunia kepenulisan, dari lomba, cara mengirim naskah ke penerbit atau media, hingga informasi lowongan kerja.

Komunitas penulis ini biasanya memiliki banyak anggota para penulis senior, hal ini tentunya keuntungan bagi para penulis pemula karena bisa menimba ilmu secara langsung dari para penulis senior tersebut.

Bagi para penulis, komunitas penulis ini juga bisa menjadi tempat berbagi karya. Karya penulis senior bisa menjadi pembelajaran penulis pemula, dan karya penulis pemula bisa mendapat masukan dari penulis senior.

Selain keuntungan dalam dunia kepenulisan, adanya komunitas penulis ini menjadikan para penulis pemula maupun senior saling mengenal lebih dekat satu sama lain sehingga menjadi sebuah keluarga besar.

Bagi yang hobi travelling / backpacker, adanya komunitas penulis ini juga bermanfaat karena kita bisa datang ke tempat para anggota komunitas di lain kota, sehingga bisa menekan biaya akomodasi di kota yang didatangi

Bahkan, tak jarang karena intensitas komunikasi antara sesama anggota komunitas, banyak pula anggota komunitas penulis yang saling jatuh cinta, hingga kemudian menikah dan membina rumah tangga.

Namun tak jarang, ada pula oknum-oknum dalam komunitas penulis yang berlaku culas dengan melakukan penipuan untuk mengeruk keuntungan pribadi atau melakukan plagiasi karya-karya yang diunggah dalam halaman maya komunitas tersebut. Jadi para anggota pun harus berhati-hati, karena ada banyak hal yang bisa terjadi di dunia maya.

Komunitas penulis di dunia maya memang menjadi fenomena tersendiri, meski ada kekurangan, namun komunitas penulis tetap memiliki banyak kelebihan, oleh karena itu jangan ragu untuk berkomunitas. Mari berbagi ilmu dan karya di komunitas penulis. (*)

 

Leave a Comment