Buaya Darat Kaya Mudarat, Lidah Buaya Kaya Khasiat

Apa sih bedanya buaya darat sama lidah buaya? Ya jelas beda lah, buaya darat itu pemberi janji, sedangkan lidah buaya pemberi bukti. Buaya darat kaya akan mudarat, lidah buaya kaya akan khasiat.

Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya
Tanaman Lidah Buaya | Foto : lidahbuayasuper999999.blogspot.com

Kalau bahas tentang buaya darat udah gak penting, udah ketauan belangnya. Mending bahas lidah buaya aja, si hijau yang kaya khasiat.

Sejak dulu, lidah buaya bukan hanya sebagai tanaman hias, melainkan juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Lantas, darimana khasiat tersebut diperoleh?

Manfaat tersebut diperoleh dari beragam kandungan yang terdapat pada lidah buaya. Diketahui ada 75 zat dan 200 senyawa yang berkhasiat pada tanaman lidah buaya.

Dari sekian banyak zat dan senyawa tersebut, di antaranya adalah senyawa antrakuinon, polymannans, mannans asetat, senyawa antrakuinon, dan lain-lain. Setiap zat dan senyawa memiliki khasiat yang berbeda.

Misalnya senyawa antrakuinon yang berfungsi menangkal bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Tak heran, jika lidah buaya bermanfaat untuk kesehatan.  

Khasiat Lidah Buaya

Lalu, apa saja sih khasiat dari lidah buaya? Daripada penasaran, yuk simak ulasan beragam manfaat lidah buaya berikut ini.

1. Khasiat Lidah Buaya untuk Kesehatan

a. Melancarkan Pencernaan

Jus Lidah Buaya
Jus Lidah Buaya | Foto : www.orinsis.com

Seperti yang kita ketahui, sistem pencernaan menjadi kunci utama kesehatan tubuh. Tak heran, jika pencernaan bermasalah, akan memunculkan penyakit lainnya.

Nah, untuk mencegah terjadinya masalah pada sistem pencernaan, lidah buaya solusinya. Iya, lidah buaya dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan.

Jadi kalau sudah terlihat gejala-gejala masalah pencernaan, segera minum jus lidah buaya. Dengan begitu, akan terhindar dari segala ancaman masalah pencernaan.

b. Mengobati Luka

Lidah Buaya Mengobati Luka
Lidah Buaya Mengobati Luka | Foto : www.limeylight.com

Orang tua cenderung gampang panik ketika melihat anaknya terjatuh. Ayah bunda tak perlu khawatir, selama ada lidah buaya, semuanya aman-aman saja.

Selain melancarkan pencernaan, ternyata lidah buaya juga berkhasiat untuk menangangi luka-luka ringan, seperti lebam atau lecet. Jadi, kalau si kecil terjatuh tinggal ambil lidah buaya dan ambil dagingnya, lalu tempelkan ke bagian yang luka atau lecet.

Daging lidah buaya tersebut berfungsi untuk mengurangi rasa perih karena lecet. Selain itu, daging lidah buaya juga mampu mengurangi warna lebam karena memar.

c. Mengobati Ambeien

Ramuan Lidah Buaya untuk Ambeien
Ramuan Lidah Buaya untuk Ambeien | Foto : www.kaskus.co.id

Ambeien merupakan penyakit yang terkadang disepelekan oleh sebagian orang. Padahal jika dibiarkan lama-kelamaan akan mengganggu aktivitas.

Punya riwayat penyakit ambeien? Penyakit ambeien tidak harus diobati dengan obat kimia, melainkan juga bahan-bahan alami, misalnya lidah buaya.

Bagaimana caranya? Parut daging lidah buaya, kemudian tambahkan madu. Ramuan ini diminum tiga kali sehari, layaknya minum obat.

2. Khasiat Lidah Buaya untuk Kecantikan

a. Menghilangkan Flek Hitam

Menghilangkan Flek Hitam
Menghilangkan Flek Hitam | Foto : www.busana.com

Semakin bertambahnya usia, perubahan pada kulit pun semakin terlihat jelas. Contohnya munculnya flek-flek hitam pada wajah.

Munculnya flek hitam tentu mengganggu penampilan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan noda hitam pada wajah?

Untuk masalah flek hitam ini sebaiknya hindari penggunaan krim kecantikan. Khawatirnya, penggunaan krim kecantikan tersebut memperparah kerusakan pada kulit wajah.

Coba saja cara yang lebih aman menggunakan bahan-bahan alami, seperti lidah buaya. Iya, perawatan wajah dengan lidah buaya lebih aman, bebas dari efek samping.

Langkah pertama bersihkan dulu wajah, kemudian ambil daging lidah buaya dan usapkan ke muka secara menyeluruh. Biarkan selama 15- 30 menit.

Setelah itu, bilas muka dengan ait dingin dan keringkan. Untuk hasil yang maksimal, usahakan melakukan perawatan lidah buaya ini 2 x sehari. Sebaiknya saat bangun tidur dan sebelum tidur.

b. Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat
Cara Menghilangkan Jerawat | Foto : www.vemale.com

Masalah pada wajah bukan hanya noda hitam, melainkan juga jerawat. Biasanya anak-anak yang memasuki usia puber tengah gencar diserang oleh jerawat.

Kalau jerawat yang muncul cuma 1 atau 2 itu masih wajar.  Tapi kalau ternyata, jerawatnya dateng rombongan, pasti ganggu banget kan.

Nah, gak usah khawatir, ada lidah buaya yang basmi jerawat-jerawat di muka kamu. Gimana caranya?

Perawatan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat sama halnya dengan flek hitam. Tinggal oleskan daging lidah buaya pada wajah, kemudian diamkan beberapa menit, lalu bilas dan keringkan.

c. Perawatan Rambut

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut
Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut | Foto : www.cantikalamiku.com

Kecantikan itu bukan cuma dari kulit, tapi juga rambut. Percuma punya kulit halus, tapi rambutnya rusak.

Nah, buat kamu-kamu yang punya masalah sama rambut, lidah buaya solusinya. Lidah buaya bukan cuma mempercepat pertumbuhan rambut, melainkan juga bisa menghilangkan ketombe.

Caranya gampang, ambil pelepah lidah buaya, kemudian gosokkan pada kulit kepala (lakukan sore hari). Kemudian balut rambut dengan kain, dan bilas pada pagi hari.

Dan ternyata, lidah buaya tak hanya ampuh untuk mengusir ketombe, tapi juga membuat rambut terlihat lebih berkilau. Jadi, katakan good bye pada ketombe.

Gimana udah tahu kan beragam khasiat yang bisa kita peroleh dari lidah buaya? Nah, biar punya banyak stok lidah buaya, gak ada salahnya buat tanam lidah buaya di sekitar pekarangan rumah. Setuju gak?

Leave a Comment