Wawancara kerja merupakan hal yang penting bagi sebagian besar orang karena di sinilah seseorang dituntut untuk bisa memberikan performa terbaiknya dalam pertemuan pertama dengan si pewawancara.

Keahlian dan kecerdasan merupakan dua hal yang perlu dimiliki dalam hal ini karena pada saat wawancara, penilaian bukan hanya terpaku pada kemampuan akademik, tapi juga kemampuan untuk berkomunikasi dan menghadapi berbagai kemungkinan buruk di dalam perusahaan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa mengusir rasa gugup saat sedang atau akan diwawancara :

  • Tunjukan yang Terbaik

Rasa gugup saat wawancara bisa datang karena kamu tidak siap menjalani wawancara sehingga rasa kurang percaya diri timbul dan membuat semuanya serba gugup. Pemahaman yang utama dalam pekerjaan dibutuhkan agar ketika wawancara.

Kamu bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik sesuai dengan kapasitasmu dan pekerjaan yang ditawarkan. Untuk itu, pelajarilah semua berkas dan carilah informasi yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.

  • Rileks

Bersikap santai saat wawancara bukan berarti menandakan kamu tidak memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan yang nantinya diemban. Rileks adalah satu cara yang bisa membuat tubuh dan pikiran bergerak secara sadar tanpa terburu-buru. Untuk itu, bersikaplah santai dan rilekskan otot-otot tubuhmu sebelum menghadapi wawancara.

  • Tarik Napas Dalam-dalam

Pernapasan adalah hal yang paling terlihat saat seseorang merasa gugup. Untuk itu, aturlah napas agar bisa tetap seirama dengan langkah yang kamu lakukan.

Semangat yang besar atau rasa kurang percaya diri bisa membuat pernapasan terlihat pendek sehingga saat berbicara, hal itu akan terlihat. Tariklah napas dalam-dalam dan bayangkan jika kesempatan yang sedang mendatangimu bukanlah hal yang sulit.

  • Ubah Persepsi

Persepsi mengenai wawancara kerja yang menyulitkan bisa membuat kamu gugup. Untuk itu, alihkan persepsi yang kamu miliki dengan berbagai hal yang santai dan indah. Misalnya saja, persepsikan bahwa si pewawancara adalah partner yang nantinya bisa diajak bekerja sama dengan baik dalam membangun perusahaan.

Dengan 4 cara usir gugup saat wawancara itu, diharapkan kamu bisa membuat suasana wawancara menjadi lebih santai.

Ditulis oleh: https://www.facebook.com/superdee.ceritanya