5 Cara Jitu Menghentikan Sifat Konsumtif

Berniat shopping jaman sekarang sangat mudah. Bisa melalui cara online. Namun tetap waspada itu perlu saat Anda berbelanja dengan cara ini. Supaya tidak berakhir penyesalan. Apalagi justru sampai membuat Anda konsumtif karena kurang selektif.

Kemudahan dalam berbelanja online memang membuat orang keranjingan karena sangat terbantu. Setiap orang merasa dapat menghemat waktu, praktis dan juga bisa memangkas budget yang mesti dikeluarkan. Efek kurang baiknya adalah dapat menjerumuskan orang bersikap konsumtif. Karena itu Anda patut untuk mengontrol diri. Berikut adalah beberapa cara jitu menghentikan sifat konsumtif, terutama dalam hal berbelanja. Cekidot:

  1. Buat skala prioritas dalam rencana belanja Anda. 

  Selalu mendahulukan kebutuhan urgent itu harga mati. Meski dalam kebutuhan satu bulan tersebut tidak selalu sama, namun Anda tetap perlu membuat skala prioritas dari sekian kebutuhan yang perlu dibeli. Skala prioritas akan memudahkan Anda menetapkan barang-barang yang benar-benar diperlukan dan bukan yang Anda inginkan.  

  1. Cek harga barang urgent dan budget tersedia. 

Selalu menyesuaikan antara harga barang dan budget tersedia. Hindari membeli barang yang tidak dibutuhkan sekalipun murah. Harga discount, promo, korting dan sebagainya, itu semua atribut marketing yang bermaksud menarik Anda. Umumnya barang dengan harga discount biasanya sudah dinaikkan dulu beberapa persen. Dan ini merupakan strategi marketing yang sudah umum berlaku.

martin-dm/Getty Image Signature via Canva.com
  1. Bayar harga dengan cash keras.

Membiasakan diri membeli barang pada pedagang atau toko konvensional. Bukan yang online. Agar tidak selalu terkecoh harga murah di promo online. Secara umum harga menjadi indikator mutu barang. Menghindari kecewa itu perlu daripada mengejar discount namun merugikan. Lebih baik upayakan dengan membayar cash setiap kali berbelanja.

  1. Blokir semua promo online.

Blokir semua promo yang tayang adalah cara ekstrem lainnya apabila hobi konsumtif Anda sulit dikendalikan. Abaikan pula setiap promo yang masuk ke email Anda. Beberapa hal tersebut ditengarai menjadi perangsang sifat konsumtif.  

  1. Minta pendampingan orang yang dipercaya.

Meminta orang mendampingi Anda ketika berbelanja merupakan cara efektif mengerem sifat konsumtif Anda. Pertimbangan-pertimbangan yang masuk akal, logis dan membantu Anda memilih barang belanja yang benar-benar dibutuhkan. Caranya Anda cukup ditemani orang yang Anda percayai dan mengenal karakter Anda. 

Nah, guys! Demikian kelima cara jitu menghentikan sifat konsumtif. Baik dalam hal berbelanja, ataupun pengeluaran kebutuhan-kebutuhan lainnya. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa kelima cara tersebut tidak akan berhasil apabila Anda tidak menumbuhkan kesadaran diri.

Kurangi interaksi dengan gadget, si tukang belanja, atau jalan-jalan ke mall. Kemudian beri reward diri sendiri dengan cara sederhana seperti sebuah pujian. Semoga bermanfaat, dan happy shopping.  

Penulis: Elkinanti

Leave a Comment