Rambut merupakan mahkota bagi banyak orang, khususnya perempuan. Namun, kerontokan rambut yang disebabkan oleh berbagai hal bisa memicu kekesalan tersendiri. Apalagi jika kamu termasuk orang yang senang menata rambut dan menyempurnakan penampilan dengan rambut yang indah.

Untuk menghindari rambut rontok, tentu diperlukan perawatan yang tidak mudah karena kamu harus memberikan nutrisi yang baik bagi sel-sel rambut, serta mempertahankannya agar tetap dalam keadaan sehat dan indah. Berikut ini adalah cara mudah mencegah rambut rontok :

Hindari Stres

Stres merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap kerontokan rambut. Pikiran yang tertekan akan membuat sel-sel rambut pun ikut rontok. Untuk itu, hindarilah stres dengan melakukan pola hidup yang sehat.

Jaga Hormon

Hormon dalam tubuh berpengaruh terhadap kesehatan dan keindahan rambut. Untuk itu, kamu perlu menjaga kestabilan hormone agar rambut tidak rontok. Konsumsilah makanan dan minuman yang bisa menstabilkan hormone.

Hindari Obat-obatan

Pengaruh obat-obatan juga bisa sangat mempermudah terjadinya kerontokan pada rambut. Untuk itu, hindari obat kimia sebisa mungkin dan rutinlah berolahraga agar tubuh tetap dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohani.

Jangan Sering Diwarnai

Penggunaan pewarna rambut yang mengandung bahan kimia juga sangat berpengaruh terhadap kerontokan rambut. Untuk itu, jangan terlalu sering mewarnai rambut jika ingin rambut tetap sehat dan indah.

Masker Teh

Daun teh yang mengandung antioksidan bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, terutama untuk rambut rontok.  Gunakan air the yang sudah didiamkan semalam untuk dijadikan hair tonik bagi rambut rontok.

Masker Yoghurt

Kamu juga bisa menggunakan yoghurt tawar untuk mengurangi kerontokan pada rambut dan mencegah munculnya uban di rambutmu. Lakukan perawatan ini dua minggu sekali untuk hasil maksimal.

Lidah Buaya

Daging dari lidah buaya mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh rambut sehingga rambut bisa tumbuh dengan subur dan kuat. Jadi, jangan lupa untuk mengolesi rambut dengan lidah buaya minimal seminggu sekali.

Hindari Menyisir Rambut Saat Basah

Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah cara menyisir rambut yang benar. Jangan biasakan menyisir rambut dalam keadaan basah karena hal itu akan mempermudah rambut untuk menjadi rontok.

Ditulis oleh: https://www.facebook.com/superdee.ceritanya