Bagi sebagian besar kaum perempuan, belanja adalah suatu hal yang menyenangkan sehingga terkadang membuat orang lupa diri bahkan kalap. Bahkan tidak sedikit orang yang harus membayar banyak utang karena kebiasaan belanja yang menyita banyak waktu dan pengeluaran. Untuk itu, kamu perlu melakukan upaya atau langkah-langkah yang tepat agar bisa hemat dalam berbelanja.

1. Membuat Daftar Belanjaan

Sebelum berbelanja, buatlah dulu daftar barang apa saja yang ingin dibeli sehingga kamu mengetahui mana barang yang memang penting untuk dibeli mana barang yang hanya sebatas bisa memenuhi keinginan sementara. Buatlah daftar dengan spekulasi harganya agar kamu juga bisa mengetahui budget yang dibutuhkan untuk berbelanja.

2. Buat Daftar Belanja Cadangan

Selain daftar belanjaan yang memang sudah dibuat berdasarkan kebutuhan, kamu juga perlu membuat daftar belanja cadangan untuk mengantisipasi kalau-kalau harga barang sudah naik atau barang yang ingin dibeli tidak ada.

3. Lihat Budget

Jika sesudah membuat daftar belanjaan kamu menemukan nilai nominal budget yang membengkak, maka kamu perlu untuk mencoret beberapa daftar yang merupakan barang sekunder sehingga kamu tidak perlu lagi membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan tersebut.

4. Membuat Perbandingan Harga

Jika kamu memiliki akses internet atau akses untuk berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, kamu juga bisa membandingkan harga barang di tempat belanja yang satu dengan tempat belanja yang lain. Meskipun cara ini termasuk kurang efektif dalam hal waktu, namun kamu bisa berhemat lebih banyak jika berhasil membandingkan harga dan menemukan tempat belanja yang paling murah.

5. Tahan Hasrat Belanja

Jika berbelanja membuat kamu ingin membeli semua barang yang kamu lihat atau kamu anggap menarik, maka tahanlah hasrat ingin berbelanja tersebut dengan cara mengunjungi tempat yang jauh dari barang-barang “menarik”.

6. Usir Gengsi

Banyak orang yang berbelanja bukan karena kebutuhan, melainkan karena gengsi agar dibilang orang mapan atau royal. Tapi, pikirkan lagi hal ini dan buang jauh-jauh gengsimu agar kamu tidak terjebak dalam urusan belanja yang hanya jaga gengsi. Selamat belanja hemat!

Ditulis oleh: https://www.facebook.com/superdee.ceritanya