Jika kamu memiliki kebiasaan unik memelihara kucing, tentu kamu tidak akan dengan mudah melakukan pemeliharaan. Apalagi jika kucing yang kamu pelihara itu adalah kucing Persia atau kucing Anggora.

Kucing jenis ini biasanya memiliki sensitivitas yang lebih tinggi jika dibandingkan kucing local. Untuk itu, diperlukan perawatan yang benar dan tepat agar kucing tetap dalam keadaan sehat dan indah.

1. Jika kamu memelihara kucing yang masih kecil, maka kamu harus memperhatikan jumlah gizi yang dibutuhkan oleh si anak kucing. Hal ini disebabkan oleh pemenuhan gizi yang diperlukan oleh anak kucing 2 kali lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan gizi kucing dewasa. Biasakan untuk memberi makan sesuai dengan kebutuhan anak kucing secara rutin sebanyak 4 kali dalam sehari.

2. Jika kucing yang diperlihara sudah berumur 8 atau 10 minggu, biasakan untuk memberi makan makanan kucing. Hindari pemberian makanan seperti pada kucing local agar bulu kucing Persia atau Angora yang dimiliki tidak mudah rapuh atau rontok.

3. Mandikan kucing dengan sampo atau sabun khusus kucing agar bulunya tetap lebat, indah, dan bersih. Mandikan kucing sebanyak seminggu sekali saja. Saat mandi, jangan lupa untuk menyikat buku kucing dengan menggunakan sisir khusus bulu kucing. Hindari memandikan kucing dengan menggunakan air panas.

4. Ajaklah kucing untuk bermain di halaman atau di tempat-tempat terbuka agar pertumbuhan dan perkembangannya bisa berjalan dengan baik sehingga ia bisa tumbuh menjadi hewan peliharaan yang sehat, lincah, dan menggemaskan.

5. Ajarkan kucing untuk memahami kebiasaan yang perlu dimengerti, seperti tempat makan yang benar, tempat tidur, atau kebiasaan orang-orang rumah sehingga ia tidak menganggu aktivitas kamu dan keluarga. Perlakukan ia seperti halnya manusia sehingga ia tidak melakukan tindakan yang buruk atau membuat waktumu terbuang.

6. Berikan vaksinasi secara rutin untuk membuat kucing tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit hewan. Lakukan perawatan khusus terhadap bagian sensitifnya, seperti gigi, kuku, dan telinga.

7. Gunakan kandang yang sesuai dengan ukuran tubuhnya sehingga kucing peliharaanmu merasa nyaman diam di kandang.

Ditulis oleh : https://www.facebook.com/superdee.ceritanya