Bukan hanya Asia, ternyata Eropa juga mempunyai tempat-tempat bernuansa magis dan horor, seperti gua Devil’s Throat Cave yang ada di Bulgaria. Sesuai dengan namanya yang mengandung arti tenggorokan setan, di dalam gua tersebut terdapat berbagai pahatan yang wujudnya berupa penampakan setan atau mitos-mitos mistik lainnya.

Gua ini sendiri berlokasi di sebelah barat Rhodopes yang mempunyai jarak tempuh sekitar 17 kilometer dari Devin. Untuk memasukinya pengunjung harus menuruni anak tangga sebanyak 31 buah. Selain lembab, anak tangga tersebut juga sangat curam. Bukan itu saja, suhu dalam ruang gua tersebut sangat dingin bahkan dapat mencapai 8 °C.

Ketika musim semi tiba pada bagian celah-celahnya mengalir air yang berasal dari sungai Tigrad lalu membentuk suatu air terjun yang ukuran panjangnya 42 meter. Suara arus kencang dari air yang mengalir tersebut terdengar sangat jelas, sehingga dinamakan The Hall of Thunder.

Bagian paling menyeramkan dari gua ini adalah di aulanya. Di tempat inilah banyak ditemukan pahatan pada dindingnya. Pahatan tersebut sebagian besar memiliki bentuk seperti kepala setan. Ukurannya besar dan telinganya terlihat lancip. Sedangkan matanya tampak melotot dan giginya berbentuk taring semua.

Dan yang lebih mengerikan lagi, perwujudan kepala setan ini tidak hanya terlihat di dindingnya saja, namun juga pada batu-batu yang berserakan dalam ruang aula tersebut.

Menurut cerita legenda yang beredar di masyarakat pada jaman dulu gua tersebut merupakan pintu gerbang untuk memasuki dunia lain. Bahkan ada cerita lain yang mengatakan banyak gadis remaja yang dilemparkan ke dalam gua sebagai persembahan bagi setan yang tinggal di tempat tersebut.

Sementara itu ada mitologi Yunani yang menyebutkan Devil’s Throat Cave pernah difungsikan sebagai pintu untuk memasuki kerajaan Hades. Sedangkan Hades sendiri diyakini sebagai dewa kematian. Menurut mitologi tersebut dewa Orpheus berhasil menyelamatkan peri hutan berwajah cantik di kerajaan Hades.

Legenda lainnya berhubungan dengan suku Thracian yang pernah menjadi penghuni di Bulgaria Utara. Hampir semua kepala suku Tharician yakin mereka akan mendapat kehidupan yang lebih abadi jika mau terjun ke lubang yang ada dalam ruang Devil’s Throat Cave.

Mungkin cerita-cerita aneh dan mistik inilah yang membuat gua tersebut terasa lebih mencekam saat dimasuki, apalagi setelah melihat pahatan kepala setan di dindingnya. 

Ditulis oleh: https://www.facebook.com/jokoutomo2300